Mau Sewa Konsultan/Jasa SEO? Simak Ulasan ini Dulu!

Persaingan di hasil pencarian search engine adalah salah satu motif bagi setiap bisnis skala kecil maupun besar untuk menggunakan jasa SEO ....

Persaingan di hasil pencarian search engine adalah salah satu motif bagi setiap bisnis skala kecil maupun besar untuk menggunakan jasa SEO. Semakin tinggi peringkat di hasil pencarian, semakin tinggi potensi traffic dan konversi yang diperoleh. Inilah paradigma awal yang sudah tertanam sejak seorang pelaku bisnis di jalur online datang; lalu disambut dengan referensi-referensi yang mengarah ke situ meski faktanya tidak sesederhana itu…

Mengoptimalkan SEO
Keputusan menyewa jasa SEO bukanlah hal mudah, mengingat begitu banyaknya perusahaan atau individu yang bergerak di jasa optimasi search engine ini. Sayangnya, tidak semua pelaku bisnis, khususnya yang baru datang di dunia pemasaran online memahami betul bahwa SEO terus berkembang, seiring dengan upaya peningkatan kualitas hasil pencarian itu sendiri.
Berbagai algoritma Google telah digelontorkan, dan ini menjadi titik balik di setiap masa untuk memperbarui berbagai strategi dan teknik SEO yang sesuai. Sayangnya, tidak semua memahami konsep ini, sehingga ujung-ujungnya terjebak pada jasa SEO yang diklaim murah dan berfokus pada upaya link building besar-besaran alias nyepam. Bisa jadi hasilnya dalam jangka pendek akan terlihat, tapi sementara saja. Hasil jangka panjangnya akan membuat situs kandas dan susah diperbaiki.

Inilah yang melandasi motif saya menulis artikel ini. Perluasan wawasan sangat penting untuk setiap orang dan konsumen; khususnya konsumen jasa, agar tidak terjebak pada hal-hal yang merugikan akibat minimnya informasi; atau bahkan karena informasi yang salah dan diputarbalikkan.
Melalui contact form, saya sering mendapatkan email ketertarikan untuk bekerjasama dalam hal SEO, namun diawali dengan pertanyaan yang “miskin”, dalam artian satu-satunya yang ada di benak penanya dan ditanyakan adalah:
  1. Apakah mas menerima jasa link building?
  2. Apakah mas bisa membuat website saya di halaman satu secara cepat?
Apapun variasi pertanyaannya, rata-rata semua pertanyaan konsepnya merujuk kepada kedua hal di atas. Jadi intinya, SEO adalah link building, dan jasa SEO adalah untuk meraih peringkat di halaman satu dengan cepat. Benarkah demikian? No, of course.

Perlukah Menggunakan Jasa SEO?

Memang, menggunakan jasa atau layanan SEO yang tepat bisa membuat upaya optimasi website dan upaya meraih peringkat di persaingan SERP bisa lebih efisien, karena tentu jasa SEO memiliki pengetahuan dan strategi yang lebih matang daripada pemilik website yang masih belajar dan meraba-raba soal SEO; tapi di sisi lain anda juga dihadapkan pada resiko penalti pada website dan hancurnya reputasi website serta brand jika penanganan SEO-nya salah.
Maka menyewa jasa SEO adalah hal logis, dengan berbagai pertimbangan, baik berkaitan dengan waktu dan kemampuan. Yang terpenting adalah, anda mutlak tahu bahwa anda tidak bisa sembarangan memutuskan menggunakan jasa SEO tanpa pertimbangan matang. Dengan bertebarannya jasa SEO maupun jasa konsultasi / konsultan SEO di Indonesia, anda harus bisa memilah dan memilih mana yang terbaik setelah melakukan berbagai pertimbangan menyeluruh. Jangan terburu-buru!
Seperti yang sudah disampaikan di atas, pemikiran bahwa “SEO adalah link building” saja itu salah. SEO tidak sesempit itu, dan bisa saya katakan “tidak serendah itu”. SEO adalah upaya strategis, yang melibatkan berbagai aspek termasuk onpage SEO, salah satu dari sekian banyak strategi. SEO juga meliputi bagaimana menciptakan konten yang berkualitas dan relevan, sehingga upaya SEO di luar (offpage SEO) menjadi jelas dan tertarget; tidak serampangan dan asal bidik saja. Ini pun masih sebagian kecil saja dari SEO. Perusahaan atau jasa SEO profesional memahami benar hal ini.
Oleh karena itu, sebagai calon konsumen jasa SEO, jika memang ini langkah yang akan anda ambil, anda harus mengerti bagaimana cara kerja search engine dan pada akhirnya cara kerja SEO secara mendasar. Untungnya, anda bisa mendapatkan panduan SEO dasar lengkap di sini. Dengan modal itu, anda akan mengerti jasa SEO seperti apa yang baik dan tepat untuk website anda. Pada akhirnya pula, anda akan tahu, bahwa jasa SEO yang baik akan melibatkan analisis secara keseluruhan, menciptakan strategi dan sinergi, melakukan upaya perbaikan dan tuning, dan endingnya adalah eksekusi berbagai teknik yang telah disesuaikan dengan hasil analisis.
Berikut beberapa hal yang biasa dilakukan oleh jasa SEO yang profesional:
  • Review dan analisis struktur website dan kontennya.
  • Memberikan saran atau nasihat mengenai beberapa kondisi yang perlu diperbaiki (atau melakukan beberapa upaya jika diberi akses), misalnya: mengenai hosting, domain, redirect, mengukur kecepatan akses, mobile friendly, dll
  • Pengembangan konten
  • Memberikan masukan atau saran berkenaan dengan pengembangan bisnis, baik yang terkait dengan SEO secara langsung maupun tidak
  • Analisis keyword
  • Memberikan pengarahan, baik yang berkaitan dengan konten maupun dengan SEO itu sendiri (konsultasi atau pelatihan)
  • Memahami pasar, baik dari segi pemahaman keyword/kueri di hasil pencarian serta persaingannya, maupun hal-hal yang tidak memiliki kaitan langsung
Saya tidak mengatakan semua yang di atas harus ada. Sifatnya parsial, tapi pastikan jasa SEO yang akan anda pilih memiliki kemampuan lebih dari sekedar analisis persaingan keyword dan link building. Keduanya bisa dilakukan oleh siapa saja yang setidaknya sudah mengenal SEO, meski belum memahami dan menguasai sepenuhnya. Jasa SEO yang baik juga menguasai segala hal terkait teknis penanganan web, karena bersentuhan dengan teknis web adalah hal mutlak. Untuk itu, anda harus bisa melakukan evaluasi kecil dengan mengajukan beberapa pertanyaan penting; berbekal pemahaman SEO dasar dan sedikit dari beberapa poin yang sudah saya ulas di atas.
Pada intinya, Jasa SEO adalah partner untuk melakukan upaya marketing dari segi SEO, bukan jasa yang sekali jadi. Anda pasti menginginkan SEO pada website anda memberikan pengaruh pada bisnis anda dan (harapannya) bisnis anda bisa meningkat dan berjalan selama mungkin. Jasa SEO yang baik dan profesional pasti memahami hal ini.

Kapan Harus Menggunakan Jasa SEO?

Lebih cepat, lebih baik
Mengapa? Karena situs yang baru belum memiliki atau melibatkan proses SEO; atau setidaknya belum mendapatkan upaya optimasi SEO terlalu banyak. Sebuah fakta di kalangan dunia Jasa atau Konsultan SEO bahwa website baru jauh lebih mudah dioptimasikan karena belum mendapatkan penanganan SEO yang (mayoritas) salah.

Website yang sudah mendapatkan perlakuan SEO, namun belum mendapatkan peringkat atau justru mengalami penurunan peringkat, bisa dipastikan mengalami penanganan SEO yang tidak tepat, salah, atau bahkan telah menyebabkan website mengalami salah satu dari beberapa penalti (sandbox, pemerosotan indeks, banned, dll). Untuk jenis kedua ini, kebanyakan jasa SEO butuh waktu panjang untuk memutuskan; dan bahkan banyak yang menolak (biasanya karena tingkat keparahan yang rumit atau tidak ada deal masalah budget yang dibutuhkan). Memperbaiki kondisi SEO jauh lebih sulit, dan kadang klien tidak sanggup untuk menganggarkan budget yang lebih pula. Semakin parah kondisinya, semakin sulit, dan semakin besar budget yang dibutuhkan. Ini juga alasan saya untuk menerima atau menolak tawaran optimasi SEO web; kebanyakan karena pemilik web tidak tahu bahwa upaya optimasi disesuaikan oleh kondisi web dan butuh budget besar. Website dengan kondisi SEO buruk butuh penangan ekstra. Setiap web unik, kondisi SEO awalnya tidak sama; apalagi jika sebelumnya website telah mengalami optimasi yang salah.
Bandingkan dua poin ini, dan lihat mengapa budget yang dibutuhkan jauh lebih besar untuk memperbaiki website demikian:
  • Website baru > mendapatkan perlakuan SEO tepat > potensi rangking meningkat
  • website mapan > perlakuan SEO lama salah dan mendapat efek buruk > analisis letak problemnya > memperbaiki SEO-nya (disavow links, memperbaiki konten, struktur, dll, bahkan mungkin perlu pindah hosting) > mulai optimasi SEO lagi > cek perubahan apakah ada efek positif > potensi rangking mungkin berpotensi meningkat
Kesalahan terbesar dalam menggunakan jasa SEO kebanyakan adalah: klien menyerahkan website yang kondisi SEO-nya dianggap tidak berpengaruh baik lantaran ada kesalahan penanganan, bahkan ada yang sudah dalam kondisi kritis. Lebih parahnya, klien mencari jasa SEO yang “pokoknya jawab oke”, “murah”, dan “jagoan spam backlink”, padahal ini juga ciri jasa SEO yang patut dipertanyakan. Walhasil, kondisi SEO website semakin parah.

Jadi, jika anda ingin memulai sebuah bisnis dengan menggunakan media website, pastikan SEO menjadi salah satu bagian dari marketing plan. SEO bukan solusi terakhir, tapi justru harus beriringan dengan upaya marketing lainnya, sebab SEO merupakan bagian dari strategi pengembangan website itu sendiri, baik pada fitur, struktur, dan kontennya. Semuanya ditentukan di awal, bukan saat situs dianggap buruk SEO-nya lantaran salah cara optimasi. Jika anda memasukkan SEO dalam marketing plan website yang sedang atau baru saja anda bangun, maka sangat mungkin budget bisa ditekan. Jika anda menggunakan SEO sebagai salah satu jalan “akhir” untuk meningkatkan traffic dan konversi anda, bisa jadi anda melakukan optimasi sendiri dan menemukan bahwa optimasi yang dilakukan salah. Jadi jangan heran apabila budget yang dibutuhkan untuk memperbaiki SEO dan mengoptimasi ulang akan jauh lebih besar dari optimasi website baru.
Next-reading: Pertanyaan Penting Sebelum Sewa Jasa SEO (coming soon, be patient …) 😆

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,36,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Blog iTapuih.com: Mau Sewa Konsultan/Jasa SEO? Simak Ulasan ini Dulu!
Mau Sewa Konsultan/Jasa SEO? Simak Ulasan ini Dulu!
https://3.bp.blogspot.com/-7ZWStj77kmY/W_Fw6ZU2ZdI/AAAAAAAAP5E/TGD5OdWHyXAUzta6MNduU61NXTdz843jACLcBGAs/s1600/SEO-2.png
https://3.bp.blogspot.com/-7ZWStj77kmY/W_Fw6ZU2ZdI/AAAAAAAAP5E/TGD5OdWHyXAUzta6MNduU61NXTdz843jACLcBGAs/s72-c/SEO-2.png
Blog iTapuih.com
https://blog.itapuih.com/2018/12/mau-sewa-konsultanjasa-seo-simak-ulasan.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/12/mau-sewa-konsultanjasa-seo-simak-ulasan.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy