Konsistensi Dalam Upaya SEO Website/Blog

Salah satu faktor penting dalam SEO yang kadang dianggap sepele, dilupakan, bahkan sama sekali diabaikan. Faktor ini sekaligus menjadi landa...

Salah satu faktor penting dalam SEO yang kadang dianggap sepele, dilupakan, bahkan sama sekali diabaikan. Faktor ini sekaligus menjadi landasan penting bagi perkembangan web/blog dan sebagai alat pertahanan dalam menghadapi persaingan. Sebuah website/blog hanya akan hadir sebagai butiran pasir kecil di tengah padang pasir yang luas tanpa adanya ini: KONSISTENSI.

Mengoptimalkan SEO
Jika anda bertanya di sana-sini mengenai usaha/strategi SEO apa yang perlu dilakukan demi meningkatkan posisi website di persaingan hasil search Engine (SERP), meningkatkan visibilitas, popularitas, dan PageRank, maka jawaban yang ditemui pasti hampir sama: Onpage SEO, meningkatkan baclink atau usaha link building, konten yang unik, memaksimalkan kepadatan keyword, penggunaan title tags, dan lain sebagainya. Meskipun sudah tentu, beberapa di antara poin tersebut memang penting, namun usaha-usaha tersebut hanya akan memberikan sedikit value jika anda tidak mengkombinasikannya dengan konsistensi.

Apa yang dimaksud dengan “Konsistensi”? Sebagai contoh, anda baru saja merilis sebuah website/blog dengan konten yang kaya, unik, dan memiliki ratusan bahkan ribuan backlink, akan tetapi website tersebut akan sangat sulit meraih peringkat pada keyword apapun kecuali anda terus secara konsisten menambahkan konten-konten baru dan melakukan link building. Sebaliknya, sebagai contoh anda merilis sebuah website/blog dengan konten yang sedikit dan tidak punya backlink sama sekali, namun pada prosesnya anda terus melakukan penambahan dan pembaruan konten serta melakukan link building secara rutin (ingat, yang saya maksud dengan rutin bukanlah membuat backlink sebanyak-banyaknya dalam satu waktu), website/blog tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk bersaing pada keyword-keyword tertentu.SEO web yang konsisten. 

Saya akan coba ilustrasikan poin perbandingan di atas dengan contoh berikut:

Katakanlah saya membuat dan merilis dua buah blog dengan niche yang sama persis; serta mentarget keyword-keyword yang sama pula. Sebut saja keduanya sebagai blog Si A dan blog Si B, Si A dan Si B ;) . Di blog Si A, saya langsung mem-publish kira-kira 50 artikel sekaligus dan berusaha mendapatkan ratusan backlink dalam sehari. Kemudian di blog Si B, saya mem-publish 1 artikel per satu atau dua hari, atau bahkan seminggu sekali, dan berusaha mendapatkan 10 backlink saja setiap minggu. Setelah 6 bulan sampai 1 tahun, saya dengan amat sangat yakin berani bertaruh bahwa blog Si B akan memiliki ranking search engine yang jauh lebih tinggi dari blog Si B. Dan semuanya adalah karena konsistensi.

Apa yang bisa digarisbawahi dari ilustrasi kedua blog tersebut? Natural dan tidak natural, dan semuanya berujung pada konsistensi. Google sangat memperhatikan bagaimana sebuah konten dipublish, dan bagaimana sebuah backlink didapat. Secara bahasa awam, akan sangat “mencurigakan” jika seseorang mampu menulis puluhan halaman konten dan mendapatkan ratusan backlink dalam waktu singkat, Tentu ada hal “tidak natural” yang dilibatkan di dalamnya. Kaitannya dengan konsistensi, sebagai sebuah media online website/blog dilogikakan sebagai media yang terus diperbaharui sebagai tanda bahwa media tersebut hidup. Terakhir, pembaruan backlink menandakan bahwa web/blog tersebut memiliki peningkatan popularitas dan kepercayaan dari website lain, serta terus memperkuat relevansi-nya.

“Google sendiri telah meng-konfirmasi bahwa kecepatan sebuah website menerbitkan konten baru dan mendapatkan backlink menjadi salah satu parameter di dalam algoritma Google.”

Nah, kapanpun anda membuat dan merilis website/blog baru atau menangani website/blog yang sudah ada, ingatlah bahwa “lambat” dan “ajeg” menjadi dua kata penting yang justru dapat memenangkan perlombaan dan persaingan website di dunia internet. Jadi benar adanya jika kita mengingat pada filosofi Jawa berikut: “Alon-alon waton kelakon” atau “perlahan tapi pasti”, atau mungkin terjemahan bebasnya, “biar lambat asal selamat”…..

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,36,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Blog iTapuih.com: Konsistensi Dalam Upaya SEO Website/Blog
Konsistensi Dalam Upaya SEO Website/Blog
https://1.bp.blogspot.com/-4kHxRlCw2OI/W_Fw6y4dzkI/AAAAAAAAP5I/l7302SoRM9wOgKD2VkbY4PZs319pUwNSgCLcBGAs/s1600/SEO-4.png
https://1.bp.blogspot.com/-4kHxRlCw2OI/W_Fw6y4dzkI/AAAAAAAAP5I/l7302SoRM9wOgKD2VkbY4PZs319pUwNSgCLcBGAs/s72-c/SEO-4.png
Blog iTapuih.com
https://blog.itapuih.com/2019/01/konsistensi-dalam-upaya-seo-websiteblog.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2019/01/konsistensi-dalam-upaya-seo-websiteblog.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy