Konsistensi Struktur Web Mempengaruhi Ranking SERP

Sejalan dengan proses optimasi onpage SEO selama beberapa tahun pada website dan blog yang saya miliki, saya melihat satu titik terang berka...

Sejalan dengan proses optimasi onpage SEO selama beberapa tahun pada website dan blog yang saya miliki, saya melihat satu titik terang berkaitan dengan konsistensi struktur web. Yang saya maksud dengan struktur web berkaitan dengan elemen-elemen website seperti navigasi (menu, internal linking), title tags, meta description, konten link pada sidebar, dan berbagai macam elemen yang membangun struktur web.

Mengoptimalkan SEO
Begini ilustrasinya, setelah anda mempelajari SEO dan memahami bahwa membuat website/blog muncul di halaman pertama search engine adalah hal penting, anda kemudian melihat upaya penerapan strategi SEO dan melakukan uji coba adalah hal yang perlu dilakukan. Salah satu strategi yang paling awal atau terdekat berkaitan dengan onpage SEO, atau memaksimalkan struktur web dan konten agar mendapatkan perhatian search engine. Di antara optimalisasi struktur tersebut, poin-poin pentingnya adalah keyword, anchor text, dan navigasi/internal linking. Sebagai prakteknya, anda kemudian melakukan berbagai macam uji coba dengan cara, misalnya: mengubah-ubah, menambah, atau mengurangi susunan judul web/blog, mengubah-ubah meta description untuk memaksimalkan keyword, mengubah-ubah susunan menu/navigasi, mengubah-ubah internal linking di dalam posting, memindahkan navigasi, dan seterusnya dengan tujuan untuk melihat apa saja yang bisa meningkatkan dan menurunkan ranking.

Nah, setelah beberapa lama saya melakukan proses yang sama, saya mulai menemukan suatu pola tetap pada hasil pencarian search engine. Pola itu terjadi pada website atau blog yang sering saya ubah-ubah strukturnya, yaitu penurunan ranking dari hari ke hari. Kadang beberapa web/blog bisa dikembalikan rankingnya dengan memperbaiki kembali struktur tersebut (mengurangi permainan keyword, internal linking, menyusun kembali struktur menu seperti sebelumnya, dll), namun beberapa yang lainnya tidak bisa dikembalikan lagi.

Struktur Web dan SEO. Hal ini masuk akal jika dilihat dari perspektif Google: karena saking seringnya perubahan terjadi pada struktur web/blog, sangatlah sulit bagi Google untuk bisa “memahami” apa sebenarnya isi website/blog itu. Google kehilangan patokan pasti atas konten website demikian karena update indeks pada halaman-halaman yang sudah ada terlalu sering terjadi. Jika Google telah menangkap sinyal demikian, maka Google menganggapnya sebagai upaya untuk memanipulasi hasil pencarian.

Tentunya, update indeks pada konten lama dan struktur ini berbeda dengan update indeks pada konten baru atau penambahan halaman baru. Jadi jangan dirancukan. Update konten jelas merupakan hal penting dan kebutuhan bagi setiap website dan blog; dan user (serta Google) sangat menyukainya. Tapi jika berkaitan dengan struktur website/blog, tampaknya Google lebih menyukai website/blog yang memiliki struktur konsisten dan tidak berubah-ubah.

Itulah mengapa setahun terakhir ini saya selalu memperhatikan betul hal-hal yang membangun struktur web. Saya tidak akan melakukan perubahan kecuali memang benar-benar dibutuhkan, misalnya, menambahkan link baru pada menu karena adanya kategori baru. Hindari hal-hal yang kurang krusial dan hanya bertujuan untuk search engine saja. Contohnya, hindari mengubah-ubah judul halaman (title tags) secara terus-menerus. Jika perlu, lakukan analisis keyword dengan intensif agar judul yang didapat benar-benar tepat dan tidak perlu diubah-ubah lagi.

Kunci dan poinnya terletak pada keyword: Konsistensi. Hal ini membuktikan bahwa, seperti yang pernah saya bahas dulu, konsistensi dalam SEO benar-benar penting.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: Konsistensi Struktur Web Mempengaruhi Ranking SERP
Konsistensi Struktur Web Mempengaruhi Ranking SERP
https://3.bp.blogspot.com/-Vc66S0L167s/W_Fw6e4PoMI/AAAAAAAAP5A/Z8Ls9EvXJbYr0y5zrrtXBlU1w1nlKVYSQCLcBGAs/s1600/SEO-1.png
https://3.bp.blogspot.com/-Vc66S0L167s/W_Fw6e4PoMI/AAAAAAAAP5A/Z8Ls9EvXJbYr0y5zrrtXBlU1w1nlKVYSQCLcBGAs/s72-c/SEO-1.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/12/konsistensi-struktur-web-mempengaruhi.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/12/konsistensi-struktur-web-mempengaruhi.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy