Cara Menjadwalkan Post di Google Plus

Mengatur kapan sebuah post/status/content dishare adalah aspek penting bagi semua pengguna social media aktif, khususnya yang bergerak di so...

Mengatur kapan sebuah post/status/content dishare adalah aspek penting bagi semua pengguna social media aktif, khususnya yang bergerak di social media marketing. Penjadwalan post memberikan kontribusi pada konsistensi, dan ya, konsistensi merupakan salah satu aspek penting bagi viralitas konten yang di-share; sedangkan tingkat viralitas dan interaksi yang tinggi menentukan kemampuan sebuah konten untuk menjadi alat marketing ampuh. Anda tidak harus setiap waktu membuat post yang dishare pada waktu yang sama, tetapi bisa membuat banyak post sekaligus dan menjadwalkan penerbitannya sesuai dengan waktu yang tepat. Ini jauh lebih efisien sekaligus bisa menjadi alat ukur yang baik.
5 Tips Menggunakan Social Media Secara Efektif

Banyak social media sudah memiliki fitur pengaturan jadwal post ini, misalnya berbagai platform blogging ( blog adalah social media tertua :) ), Facebook, Twitter (tweetdeck), Pinterest, dan lain-lain. Yah, memang agak janggal untuk Google Plus. Social media yang mulai meraih banyak perhatian dan masuk jajaran 3 besar social media dunia ini sampai saat ini belum memiliki fitur post scheduling, padahal jelas Google Plus secara terang-terangan dibuat sebagai ruang social media marketing.

Do Share Chrome Extension

Karena Google tidak, atau setidaknya belum, mengindikasikan sama sekali urgensi penambahan fitur post scheduling pada Google Plus, kita harus mencari cara untuk melakukan penjadwalan post. Dan untungnya, ada satu chrome extension yang memungkinkan pekerjaan itu dilakukan. Namanya adalah Do Share Chrome Extension, anda bisa cek dan install melalui link ini. Bagi saya pribadi, ekstensi chrome ini cukup luar biasa, sebab mencakup banyak fungsi dan bisa digunakan untuk beberapa akun sekaligus.

Setelah di-install, anda akan melihat satu ekstensi di sebelah kanan dengan warna kuning keemasan dan berisi angka, fungsinya sebagai notifikasi jumlah post yang anda buat sebagai draft dan dijadwalkan untuk terbit. Klik dan anda akan masuk ke halaman utama Do Share. Ekstensi ini menggunakan sistem client side, jadi semua data tersimpan di komputer dan dioperasikan oleh browser Chrome. Jika browser anda sudah terhubung dengan akun Google, termasuk Google Plus, maka otomatis anda sudah login ke ekstensi ini.

Anda bisa menggunakan layaknya fitur share pada Google Plus, namun dengan beberapa penambahan. Yang nomer satu adalah menyimpan sebagai draft, kemudian menjadwalkan, dan ketiga adalah membagi langsung ke circles, public, atau komunitas yang sudah dipilih sebelumnya pada bagian “add more people”.

Untuk menjadwalkan post, setelah semua kolom share anda isi, klik pada bagian ke 2 “schedule”. Dan berikut fitur pengaturannya.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah Do Share bersifat client side, bukan server side, sehingga semua aktivitas sharing dikontrol oleh komputer anda dan bukan oleh server luar. Oleh karena itu, pada waktu dimana anda menjadwalkan post diterbitkan, Chrome dan koneksi internet anda harus aktif. Ini memang satu kelemahannya. Tetapi, di sisi lain, semua data anda aman karena tidak disimpan oleh pihak luar. Namun jika anda merasa kurang nyaman dengan sistem client side seperti ini, ada alternatif lain yang bisa digunakan.

Menjadwalkan Post di Google Plus dengan Buffer

Saya sangat yakin tidak ada yang tidak mengenal Buffer, sebuah alat manajemen social media yang sangat populer dan kaya fitur, seperti halnya HootSuite. Sebagaimana dengan situs manajemen social media lainnya, Buffer juga mendukung pengaturan jadwal post status/konten untuk semua social media besar: Facebook, Twitter, Linkedin, App.net, dan GooglePlus.

Setelah login ke buffer dengan salah satu akun social media yang mendukung, langsung tuju menu “connect more” di sebelah kiri.

Tapi ya, sayangnya, saat ini Buffer belum mendukung akun GooglePlus profile, dan baru mendukung GooglePlus Page, tapi sebagai alat marketing, saya kira ini bukan masalah besar. Selain itu, dibanding HootSuite, fitur ini bisa diakses secara gratis, sedangkan di Hootsuite anda harus upgrade ke premium. Satu kelebihan lagi, anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas social media dengan menggunakan ekstensi Buffer for Chrome, sehingga aktivitas sharing menjadi lebih efisien.

Setelah itu, anda bisa mengatur berbagai penjadwalan dengan mengklik akun GooglePlus Page yang telah terkoneksi. Klik bagian kiri pada akun GooglePlus anda dan lakukan berbagai manajemen post.

Kesimpulan

Yah, memang, masalah autopost dan post scheduling belum menemukan titik sempurna selama GooglePlus belum membuka seluas-luasnya akses API dan menambahkan fitur demikian, sehingga memungkinkan autopost dan penjadwalan post secara lebih efisien. Tapi setidaknya, dua cara di atas bisa menjadi pilihan untuk memungkinkan aktivitas tersebut.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: Cara Menjadwalkan Post di Google Plus
Cara Menjadwalkan Post di Google Plus
https://3.bp.blogspot.com/-f2hMJSWJhYk/WkpgPTbwhWI/AAAAAAAANgI/dnNWaLPv0r8OfQMuqtEwx0VvI7ElU7oPACLcBGAs/s1600/Social-Media-SEO.png
https://3.bp.blogspot.com/-f2hMJSWJhYk/WkpgPTbwhWI/AAAAAAAANgI/dnNWaLPv0r8OfQMuqtEwx0VvI7ElU7oPACLcBGAs/s72-c/Social-Media-SEO.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/11/cara-menjadwalkan-post-di-google-plus.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/11/cara-menjadwalkan-post-di-google-plus.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy