10 Tips Meningkatkan Twitter Fan Base dan Follower

Twitter adalah alat social media gratis bagi para blogger dan pemilik bisnis online maupun bisnis skala kecil. Hanya dalam waktu singkat, Tw...

Twitter adalah alat social media gratis bagi para blogger dan pemilik bisnis online maupun bisnis skala kecil. Hanya dalam waktu singkat, Twitter telah menjadi media interaksi sosial yang sangat terkenal. Twitter bahkan digunakan oleh selebriti dan politisi. DIbanding Facebook, Twitter lebih simpel dan potensial dalam hal efisiensi.
10 Tips Meningkatkan Twitter Fan Base dan Follower

Kunci dari peningkatan traffic web/blog dan konversi bisnis dari Twitter adalah jumlah follower dan tingkat interaksi fan/follower dengan akun yang diikutinya. Dalam artikel ini, saya akan memberikan gambaran dan tips untuk meningkatkan jumlah follower twitter dengan cara natural dan organik.

Mendapatkan follower dengan cara ini lebih efektif, karena interaksi benar-benar terjadi dibanding jika anda membeli atau bertukar follow baik secara manual (u follow, I follow) ataupun dengan layanan follow exchange. Tentu anda menginginkan follower yang nyata dan tidak unfollow anda secara tiba-tiba bukan?

1. Terus mengupdate status/tweet yang bermanfaat bagi follower.

Kita sering melihat banyak akun twitter yang tidak dinamis alias diam di tempat. Bahkan mungkin pemiliknya sudah lupa dengan ID akunnya. Tidak heran jika akun seperti ini akan kehilangan follower. Konsep dari social media adalah interaksi dan arus informasi, tips, pendapat, pengalaman, dll yang tidak akan pernah terputus. Social media adalah komunitas.

Cobalah untuk mengupdate tweet secara berkala. Rencanakan dan susun isi tweet. Prediksikan efeknya bagi follower, apakah bermanfaat atau tidak? Hindari terlalu banyak mengupdate hal-hal pribadi yang kurang penting. Jika perlu, buat dan pisahkan akun twitter pribadi dan akun twitter bisnis atau blog/web anda.

2. Berikan Perhatian Pada List Profil yang Disarankan (Suggested List)

Twitter memiliki fitur yang disebut sebagai Suggested Users, yang menampilkan sejumlah profil Twitter yang mungkin menarik untuk diikuti (follow). Biasanya fitur ini sangat ditonjolkan setelah anda membuat akun Twitter baru atau ketika anda membuka halaman interaksi/connect.. Jika akun anda bisa masuk pada list tersebut, kemungkinan mendapat follower baru pun semakin tinggi. Akan tetapi, untuk dapat masuk Suggested Users memang tidak mudah, anda harus menjadi pengguna Twitter yang memiliki kredibilitas tinggi di mata Twitter.

Contoh-contoh akun yang secara otomatis pada list tersebut adalah akun selebriti dan orang-orang penting lain yang sudah diverifikasi oleh Twitter (verified user). Anda bisa mendapatkan peluang masuk ke list tersebut jika tweet-tweet anda menarik, bermanfaat, dan relevan dengan topik tertentu.

3. Rawat dan Promosikan Profil Twitter

Lihat profil Twitter anda sendiri dan lihat apakah dengan melihatnya anda tertarik untuk mem-follownya. Banyak profil Twitter yang tampak asal-asalan dalam hal tampilan dan detail yang dicantumkan. Pastikan halaman profil twitter anda hanya memuat posting/update yang bernilai. Utak-atik desain halaman Twitter anda dengan menggunakan theme serta mengubah dan mengganti background. Twitter memiliki fitur untuk mengubah desain halaman profil. Akses melalui halaman Setting > Design.

Di sana terdapat beberapa pilihan tema yang dapat digunakan. Jika ingin melakukan kostumisasi lebih, gunakan aplikasi Themeleon milik colorlovers,com (gratis). Anda dapat memilih banyak theme, mengganti/upload background dan memilih atau membuat palette (komposisi warna). Isi detail informasi pada kolom bio dan web/blog dengan jelas, akurat, dan bukan palsu.

Untuk promosi di luar halaman Twitter, tautkan link/url profil Twitter sebanyak mungkin di berbagai media seperti website, social media lain, email, dll. Gunakan aplikasi twitter follow button dan tweet button pada web/blog. Ini terbukti meningkatkan jumlah follower serta jumlah tweet mengenai web/blog anda secara signifikan. Ikuti kontes-kontes Twitter atau kompetisi lain dan pastikan link twitter anda terlampirkan. Ada banyak sekali cara promosi lain. Teruslah bereksplorasi.

4. Dorong User/Follower Melakukan Retweet

Reetweet adalah proses melakukan tweet pada apa yang telah diupdate/di-tweet oleh akun lain. Status retweet selalu menautkan akun yang memiliki tweet. Dorong follower atau user, baik di web maupun di Twitter untuk retweet status-status anda. Process ini akan menjadi viral dan dapat meningkatkan popularitas serta follower.

5.Berpartisipasi dan Menggunakan Kampanye HashTag (#NamaKampanye)

Gunakan hashtag ketika melakukan tweet mengenai apapun yang menarik dan mengandung keyword penting. Cukup letakkan hashtag (#) di awal frase yang dianggap sedang trending dan penting.

Contoh: Ketika anda mengupdate status mengenai bisnis online, beri tanda hashtag pada frase tersebut. Syaratnya adalah tidak memberikan ruang/spasi di antara kata, misalnya #BisnisOnline atau #Bisnis_Online. Jika tweet anda masuk pada hot topic, kesempatan mendapat follower terbuka lebar.

6. Berbagi Tweet Gambar

Jika anda memiliki gambar yang bagus untuk dibagi pada follower, bagilah! Gunakan layanan seperti TwitPic atau layanan berbasis mobile seperti Tweetie. Ini adalah cara cerdas untuk mendapatkan follower karena gambar biasanya akan mendapat banyak retweet sehingga menjadi viral.

7. Follow and Follow

Anda tidak bisa hanya berharap orang akan follow akun Twitter anda jika anda hanya follow sedikit orang, kecuali jika anda sudah cukup terkenal dan penting. Ketika ada akun baru yang ditemukan, just follow. Cara ini tidak hanya akan memperbesar kemungkinan mendapat follower, tapi juga memberikan banyak referensi dan informasi baru.

8. Berinteraksi dengan Baik dan Layak

Twitter adakah sarana interaksi dan akan bermanfaat jika digunakan dengan benar. Mulailah interaksi dengan follower meskipun hanya pendek dan singkat saja (karena memang itulah fungsi dan fitur Twitter). Bertanya jawablah dan ikut dalam diskusi tertentu.

Buatlah pertanyaan, jawaban, atau komentar yang bernilai dan tidak asal-asalan. Pastikan kehadiran anda diketahui dalam komunitas dan anda akan mendapatkan banyak tambahan follower.

9. Update Status (Tweet) Secara Efisien

Layanan-layanan pihak ketiga berbasis Twitter sangat banyak. Anda dapat mengupdate status dengan menggunakan mobile devices seperti iPhone, Symbian, Android, dll. Pastikan se-efisien mungkin ketika melakukan tweet tanpa harus terhalang alat atau media.

Anda bahkan dapat melakukan tweet lewat SMS atau langsung lewat desktop dengan bantuan software seperti TwetDeck dan Digsby. Tweet yang efisien akan membuat anda tampak aktif karena anda dapat melakukan update secara mudah dan kapanpun juga

10. Cek Statistik akun Twitter

Sekarang ini anda daoat dengan mudah melihat statistik pengguna Twitter yang tertarik pada post/tweet anda. Gunakan layanan-layanan seperti Qwitter atau Chirpstats yang dapat menginformasikan jumlah follower yang meninggalkan anda (unfollow). Statistik ini sangat penting. Anda akan mengetahui tingkat popularitas tweet anda di mata follower.

Apakah tweet-tweet saya penting dan menarik bagi mereka atau tidak? Pada perjalanan ke depan anda dapat menganalisis tingkat minat follower pada tweet tertentu dan mengetahui apa yang mereka inginkan. Ketika anda mengetahui alasan mengapa banyak follower pergi, anda bisa memperbaiki dan mendapatkan follower kembali.

Kesimpulan

Saat ini, satu-satunya layanan social media yang dapat bersaing dengan Twitter adalah Facebook. Web dan dunia internet pun tidak lagi menjadi santapan segelintir orang, melainkan telah menjadi bagian hidup dari jutaan orang setiap harinya; termasuk selebriti, politisi, pelaku bisnis, remaja, orangtua, seniman, dan semua elemen masyarakat dunia.

Mengoptimalkan penggunaan Twitter sebagai sarana interaksi sosial sangatlah penting bagi personal maupun bisnis. Twitter menjadi pintu gerbang dunia online melalui tweet-tweet singkatnya. Oleh karena itu, sangatlah penting menggenggam Twitter sebagai sarana yang menjembatani akses masyarakat dalam menemukan informasi yang mereka cari.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: 10 Tips Meningkatkan Twitter Fan Base dan Follower
10 Tips Meningkatkan Twitter Fan Base dan Follower
https://3.bp.blogspot.com/-f2hMJSWJhYk/WkpgPTbwhWI/AAAAAAAANgI/dnNWaLPv0r8OfQMuqtEwx0VvI7ElU7oPACLcBGAs/s1600/Social-Media-SEO.png
https://3.bp.blogspot.com/-f2hMJSWJhYk/WkpgPTbwhWI/AAAAAAAANgI/dnNWaLPv0r8OfQMuqtEwx0VvI7ElU7oPACLcBGAs/s72-c/Social-Media-SEO.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/11/10-tips-meningkatkan-twitter-fan-base.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/11/10-tips-meningkatkan-twitter-fan-base.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy