Ratri Adityarani, Game Itu Bahasa Universal dan Membawa Kebahagiaan

Satu lagi Kartini dunia game Indonesia. Dia adalah Ratri Adityarani, Public Relation dari Jotter Production dan salah satu inisiator dari id...

Satu lagi Kartini dunia game Indonesia. Dia adalah Ratri Adityarani, Public Relation dari Jotter Production dan salah satu inisiator dari idGeekGirls. Jotter Production adalah art production studio yang melakukan ilustrasi untuk game-game internasional, seperti Hunger Games, Panzer Arm, Night Haven, dan Ambrossia. Sedangkan idGeekGirls adalah situs komunitas perempuan pecinta teknologi.
Interview Gamer dan Game

Berikut adalah wawancara saya bersama Ratri Adityarani tentang perempuan, public relation, dan perkembangan industri game di Indonesia.

Halo Mbak Ratri, sekarang kan sudah banyak perempuan yang bekerja di industri game. Menurut Mbak Ratri, perkembangan perempuan di Indonesia saat ini sudah seperti apa?

Yang jelas jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perkembangan perempuan di Indonesia sudah sangat pesat. Sekarang perempuan sudah bisa setara dengan laki-laki, sekarang sudah tidak bisa lagi dibedakan, sekarang sudah tidak bisa lagi kita bilang bahwa perempuan harus di bawah laki-laki. Perempuan dan laki-laki sudah setara baik dari kedudukan maupun kualitas kerja, sekarang kesempatan sudah sangat terbuka bagi perempuan untuk menjadi apa saja.

Menurut Mbak Ratri, public relation yang benar dan efektif untuk industri game sendiri itu bagaimana?

Sebenarnya tidak ada bedanya public relation di dunia game dengan bidang-bidang lainnya. Untuk menjadi seorang public relation dibutuhkan personal approach. Kita tidak bisa hanya duduk di belakang meja, seorang public relation tidak bisa seorang yang pendiam atau yang tidak mudah bergaul. Untuk menjadi seorang public relation dibutuhkan seseorang yang bisa dengan mudah berbaur dan bergaul dengan orang lain, dan juga bisa membawa nama baik perusahaan kepada masyarakat.

Industri game sendiri adalah sebuah industri yang cukup mudah untuk dimasyaratkan, karena siapa sih yang tidak suka hiburan? Public relation di industri game sendiri cukup menarik karena kita akan memperkenalkan pada masyarakat apa yang bisa membuat mereka bahagia. Jadi intinya tugas public relation di industri game adalah untuk memperkenalkan game ke masyarakat agar bisa menjadi lebih menarik.

Sebagai seorang pelaku industri kreatif di Indonesia, perkembangan industri game di Indonesia menurut Mbak Ratri sudah seperti apa?

Menurut saya, perkembangan industri game di Indonesia sudah sangat maju dibanding 10 tahun yang lalu, terutama untuk mobil games, karena banyak perusahaan-perusahaan game di Indonesia yang membuat game-game untuk mobile. Yang menarik adalah sekarang sudah banyak perempuan-perempuan yang punya kapabilitas di bidang game development, seperti produser, programmer, jadi sekarang perempuan gak cuma bisa main game saja, tapi sudah bisa membuat game sendiri.

Mbak Ratri juga katanya seorang gamer. Game favorit Mbak Ratri sendiri sebenarnya apa sih?

Saya suka hidden-object game, saya juga suka Tetris, pokoknya saya suka game-game kasual, karena tujuan saya main game ya untuk refreshing, jadi saya gak ingin banyak mikir kalau saya main game.

Pertanyaan terakhir nih mbak, idGeekGirls kan dibuat khusus untuk perempuan. Untuk game sendiri harus tidak sih ada game yang dibuat khusus untuk perempuan?

Menurut saya sih enggak harus ya, karena bahasa game itu kan universal sekali. Jadi bisa dimainkan sama perempuan atau laki-laki. Mungkin memang ada beberapa game yang gayanya sangat laki-laki, ada juga yang gayanya perempuan banget seperti game fashion. Menurut saya gak harus ada game yang khusus untuk perempuan, tapi kalau memang pasarnya ada, ya kenapa gak.

Saya setuju bahwa game adalah bahasa universal. Jadi semua, baik laki-laki maupun perempuan bebas untuk bermain dan terlibat di dalamnya. Game pun mampu membawa kebahagiaan. Bagaimana menurut kamu gamers?

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: Ratri Adityarani, Game Itu Bahasa Universal dan Membawa Kebahagiaan
Ratri Adityarani, Game Itu Bahasa Universal dan Membawa Kebahagiaan
https://4.bp.blogspot.com/-lWAECv_YpJ8/W35VClJilCI/AAAAAAAAOlQ/b8Ty5dZbNJ4ew71rHA0DVLy3qi2-_9boACLcBGAs/s1600/Interview-5.png
https://4.bp.blogspot.com/-lWAECv_YpJ8/W35VClJilCI/AAAAAAAAOlQ/b8Ty5dZbNJ4ew71rHA0DVLy3qi2-_9boACLcBGAs/s72-c/Interview-5.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/10/ratri-adityarani-game-itu-bahasa.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/10/ratri-adityarani-game-itu-bahasa.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy