Jack Darwid, Game Akan Lebih Ekslusif Melalui Crowdfunding

Seorang board game designer Indonesia bernama Jack Darwid telah menembus pasar global dengan card game buatannya, yaitu Goblins vs Zombies. ...

Seorang board game designer Indonesia bernama Jack Darwid telah menembus pasar global dengan card game buatannya, yaitu Goblins vs Zombies. Melalui situs crowdfunding internasional Kickstarter, Jack Darwid melakukan kampanye galang dana untuk Goblins vs Zombies, agar bisa dimainkan oleh semua pecinta card game di dunia.
Interview Gamer dan Game

Kali ini, saya berhasil mewawancarai Jack Darwid, yang sebelumnya juga telah mendesain game Adventure of D. Melalui wawancara kali ini, Jack Darwid akan berbicara tentang game Goblins vs Zombies (GvZ), crowdfunding, Kickstarter, masa depan industri board game Indonesia, hingga identitas rahasianya. Yuk langsung saja ikuti wawancara berikut ini!

Halo Jack! Kita ingin tahu nih, kenapa memilih goblin dan zombie sebagai tema dari game yang Jack Darwid buat kali ini? Apakah (mungkin) terinspirasi dari game Plants vs Zombies?

Plants vs Zombies adalah salah satu game favorit di keluarga saya, jadi memang inspirasi awal berasal dari game tersebut. Dalam proses desain banyak diterapkan ide-ide yang membuat Goblins vs Zombies pada akhirnya mempunyai karakter tersendiri.

Sudah banyak game yang memiliki genre tower defense. Apa yang membedakan Goblins vs Zombies dengan game lainnya yang bergenre sama?

Salah satu hal yang membedakan adalah GvZ mempunyai konsep a BIG game in a small box, jadi meskipun hanya satu dek kartu (sehingga mudah dibawa-bawa) tapi isinya padat. Contoh, ada 5 mode permainan yang bisa dimainkan, dari solo (bermain sendiri), bermain co-op (saling membantu) melawan bos untuk 1-3 orang, sampai duel dua pemain di mana yang satu menjadi pihak zombie sedangkan yang lain menjadi pihak goblin.

Kenapa memilih crowdfuding sebagai sarana untuk mencari dana untuk game Goblins vs Zombies?

Saya sudah pernah menerbitkan game sebelumnya, yaitu Adventure of D. Tanggapan yang didapat AoD cukup bagus, tapi dari pengalaman mengurusi AoD, saya ternyata tidak nyaman menjadi seorang publisher (penerbit) dengan proses yang berkepanjangan, maka awalnya saya berpikir bahwa tidak akan menerbitkan game lagi secara komersial.

Nah suatu saat saya bertemu sistem crowdfunding, di mana saya bisa membuat sistem begini: memulai proyek, lalu kalau berhasil game akan dicetak, dikirim, dan selesai. Karena alasan inilah saya hanya akan mencetak GvZ sesuai dengan jumlah hasil di Kickstarter, sehingga game GvZ yang dimiliki para backer adalah game eksklusif. Saya lebih nyaman dengan sistem tersebut (mulai proyek, cetak, kirim, selesai), dan hal ini bisa diterapkan dengan sistem crowdfunding, kalau dengan cara konvensional akan lebih sulit.

Lalu kenapa Kickstarter?

Saya sudah survei ke beberapa website crowdfunding, termasuk yang di Indonesia. Kickstarter saya pilih karena memiliki traffic yang paling banyak, kira-kira empat kali lipat lebih besar daripada Indiegogo, pesaing terdekatnya. Selain itu Kickstarter berbasis di USA, di mana merupakan market utama game saya (data saya ambil dari data pembeli Adventure of D, di mana lebih dari 50% berasal dari USA). Karena pembuat proyek di Kickstarter hanya boleh penduduk USA atau UK, saya harus menempuh jalan cukup berliku untuk bisa masuk ke sana.

Apakah Jack Darwid tertarik untuk membuat game di luar permainan kartu? Video game mungkin?

Saya dulunya seorang programmer amatir (untuk hobi) dan sudah sempat membuat beberapa game. Untuk sekarang saya sedang menikmati board/card game design.

Bagaimana masa depan industri board game Indonesia menurut seorang Jack Darwid?

Kalau melihat dunia board game di Indonesia, menurut saya kita sekarang ini lebih banyak menjadi konsumen. Untuk menjadi designer/publisher board game di Indonesia tantangan yang dihadapi cukup banyak, salah satunya adalah market/pasar board game di Indonesia yang masih sangat kecil. Untuk memajukan dunia board game Indonesia diperlukan dukungan bersama-sama dari semua pihak penggemar board game. Saya sendiri berusaha dengan versi saya, yaitu membuat game-game dan saya coba populerkan di dunia, termasuk Goblins vs Zombies dengan proyek Kickstarter ini. Paling tidak orang luar negeri mulai dengar-dengar ada board game dari Indonesia.

Mengenai dunia board game di Indonesia saya rekomendasikan Kummara. Mereka concern dengan hal ini dan sudah banyak melakukan terobosan-terobosan bagus, termasuk ke media massa.

Pertanyaan terakhir, Jack Darwid terkenal sebagai sosok yang misterius di kalangan board gamer Indonesia. Can you tell me a little about yourself?

Saya kebetulan memang lebih suka di balik layar, biarlah karya-karya saya saja yang menunjukkan mukanya.

Yang pasti saya seorang gamer dari zaman saya kecil, dan sampai sekarang (setelah berkeluarga dan punya anak) masih seorang gamer sejati.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: Jack Darwid, Game Akan Lebih Ekslusif Melalui Crowdfunding
Jack Darwid, Game Akan Lebih Ekslusif Melalui Crowdfunding
https://3.bp.blogspot.com/-4whRZaLswKw/W35VBnSnWPI/AAAAAAAAOlI/wKzCBUDxVM4d2iVaa57-KnvCuHDKLPm-QCLcBGAs/s1600/Interview-3.png
https://3.bp.blogspot.com/-4whRZaLswKw/W35VBnSnWPI/AAAAAAAAOlI/wKzCBUDxVM4d2iVaa57-KnvCuHDKLPm-QCLcBGAs/s72-c/Interview-3.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/08/jack-darwid-game-akan-lebih-ekslusif.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/08/jack-darwid-game-akan-lebih-ekslusif.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy