Blogging untuk Pemula: 11 Tips Sebelum Membuat Blog

Memulai sebuah blog tanpa strategi dan asal jalan tidak saja membuang-buang waktu, tapi juga membuang banyak kesempatan. Ada jutaan blog di ...

Memulai sebuah blog tanpa strategi dan asal jalan tidak saja membuang-buang waktu, tapi juga membuang banyak kesempatan. Ada jutaan blog di luar sana, dan sebagian besar tidak memiliki arah sama sekali karena tidak ada strategi yang diterapkan. Dalam posting ini, anda tidak hanya akan belajar mengenai blogging bagi pemula, namun juga strategi-strategi konkrit dan praktis yang dapat memperbesar peluang kesuksesan di dunia blogging dan bisnis online melalui blog pada umumnya.
Tips dan Tutorial Blog

Tidak masalah jika anda belum mempunyai blog sama sekali, atau bahkan tidak masalah juga jika anda adalah blogger veteran yang belum meraih apa yang disebut sebagai kesuksesan dalam dunia blogging, karena tips yang saya tawarkan ini menurut saya berlaku sepanjang masa, dan dapat diterapkan pada kondisi apa saja, baik ketika akan membuat dan memulai blog maupun ketika anda sedang menjalankan dan memperjuangkan sebuah blog. So, here we go!

1. Semangat dan Gairah

Satu hal penting yang harus diperhatikan: jangan hanya memiliki keinginan untuk memulai blog lantaran sekedar untuk menghasilkan uang. Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Sekali lagi, jika anda tergiur ide membuat blog lantaran kata orang-orang memiliki blog akan langsung menghasilkan uang, tepiskan pemikiran tersebut.

Jika anda ingin memiliki blog yang dapat memberikan pendapatan bagi anda, anda harus bekerja keras, tetap menjaga motivasi, dan anda harus terus mencari apa yang membuat bergairah dan bersemangat untuk membangun dan menulis blog. Setidaknya, anda memiliki suatu bidang atau topik dimana anda tertarik untuk menggeluti dan menuliskannya.
Tanpa semangat dan gairah, dan jika anda tidak menemukannya, maka sudah jelas, blogging bukanlah pilihan yang tepat untuk dijalani.

2. Tujuan

Jika tujuan anda lemah, kesempatan untuk menyerah terbuka lebar, entah di persimpangan jalan ketika anda sedang menjalankan strategi-strategi blogging, atau bahkan ketika anda baru saja memulai blog.
Jadi tanyakan pada diri anda 3 pertanyaan berikut:
Mengapa anda ingin membuat dan menulis blog?
Apa yang ingin anda dapatkan dari melakukan hal itu?
Mengapa anda ingin sukses?

Jika anda memiliki jawaban dan alasan yang kuat, maka anda dapat melanjutkan blogging anda seterusnya. Ingat, blogging adalah permainan jangka panjang. Tidak ada shortcut.

3. Niche

Tahap selanjutnya adalah mencari dan menentukan niche. Cara terbaik untuk bertahan dan muncul di antara jutaan blog di dunia adalah dengan menjadi ahli atau setidaknya menguasai suatu bidang atau wilayah tertentu. Sangat mustahil jika anda menuliskan semua hal dalam berbagai macam niche. Menjadi generalis hanya akan mengupas segala sesuatu di permukaan saja. Padahal apa yang dicari dan disukai orang adalah kedalaman dalam menjelaskan suatu bidang tertentu. Ada berbagai macam tipe blog beserta motivasi penulisannya. Cari, temukan, dan kuasai. Pikirkan untuk mengubah blog anda menjadi sebuah buku penting daripada sekedar kumpulan artikel-artikel tips umum. Perhatikan langkah-langkah untuk dapat membuat konten blog yang bagus dan dapat diperhitungkan.

4. Selesaikan Masalah!

Salah satu dari motivasi untuk memilih niche adalah untuk memastikan anda dapat menjadi sumber untuk memecahkan masalah. Uang mengalir karena adanya permasalahan orang yang dipecahkan dan diberikan solusi. Misalnya, jika anda dapat membantu seseorang memperbaiki komputernya yang selalu hang, maka anda telah memecahkan masalah. Jika anda dapat membantu seseorang mencari bagian elemen header, membantu menempatkan kode widget di bawahnya, dan sedikit menghiasnya dengan CSS seperti keinginannya, maka anda juga telah memecahkan masalah.

Jadi pikirkan masalah-masalah apa yang hendak anda pecahkan. Kemudian lakukan penelitian kecil yang dapat memberikan gambaran bahwa orang lain mau membayar untuk masalah yang anda pecahkan (baik secara langsung berupa jasa, ataupun tidak langsung melalui bentuk lain).

5. Kepribadian dan Keahlian

Untuk benar-benar bisa menonjol diantara kerumunan besar jutaan blog di dunia ini, anda harus memasukkan kepribadian dan keahlian anda ke dalam blog. Ada banyak orang di luar sana yang mengajarkan sesuatu yang mereka sendiri tidak memahami dan menguasainya. Jika anda tidak memiliki keahlian tertentu untuk ditonjolkan, dapatkan! Belajar dan pelajari bidang yang anda pilih. Semakin anda tahu dan berpengalaman, semakin banyak yang bisa anda bagi kepada para pembaca, dan semakin mereka mengenal, mempercayai dan menyukai anda.

6. Mempersiapkan Blog

Tentu ketika anda akan memulai blog anda harus mempersiapkan berbagai macam kelengkapan dan sarana hingga blog anda hadir di dunia online. Berikut langkah-langkahnya:
Memilih nama domain dan menentukan webhosting terbaik (dan murah, jika mungkin ;) )
Memilih platform yang hendak digunakan pada blog (WordPress, Joomla, Drupal, dll)
Memilih theme/template
Memilih elemen pembantu blog (plugins, widgets)
Menggunakan fitur statistik dan analytics (misalnya: Google Analytics) yang lebih komprehensif, lengkap, dan bisa menjadi alat analisis yang baik.

7. Strategi Konten

Mengisi blog dengan konten membutuhkan strategi yang tepat, jadi pikirkan beberapa poin pertanyaan berikut:
Jenis konten apa yang hendak anda buat? (hint: text, audio, atau video? atau variasi ketiganya?)
Bagaimana cara anda membuatnya?
Seberapa seringkah anda akan menerbitkan konten baru?
Bagaimana cara anda membuat pembaca/pengunjung baru mengetahui konten lama anda? (hint: popular posts widget, archive, html sitemap, related posts widget, dll).
Bagaimana anda akan menggunakan konten untuk mengembangkan bisnis?
Konten adalah pembangun otoritas, kepercayaan, popularitas dan visibilitas diri dan blog. Semakin anda berbagi, semakin tinggi otoritas, kepercayaan, popularitas, dan visibilitas tersebut.

8. Monetisasi Blog

Langkah selanjutnya adalah mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Bagaimana cara anda membuat blog menghasilkan uang untuk anda?
Jika anda tidak ingin menjadikan blog sebagai lahan investasi penghasil uang, maka anda bisa melewatkan langkah ini. Tapi saya banyak melihat bahwa banyak orang terjun ke dunia blogging tanpa strategi bisnis, sesederhana apapun itu.

Anda harus segera memikirkan rencana dan cara bagaimana anda akan menghasilkan uang dari blog. Bahkan ketika blog anda belum memiliki traffic tinggi sekalipun! Tidak harus dalam rencana yang terlalu fixed atau matang, tapi setidaknya anda telah memikirkan cara-cara sesuai yang anda telah pelajari dan temukan, arena pada dasarnya anda akan menemukan banyak peluang yang terus berkembang seiring pengetahuan dan pengalaman. Berbisnis Amazon atau ClickBank kah? Menjadi affiliate produk tertentu? Memasang space iklan? Iklan PPC? Menawarkan produk anda sendiri? Menawarkan jasa? Ada banyak sekali peluang yang anda dapat pikirkan. Sebagai contoh, saya menggunakan blog saya sebagai portfolio untuk menunjukkan beberapa keahlian kecil guna mendukung penawaran jasa di bidang yang saya geluti: SEO, Web Design/Development, dan Content Writing.

9. Upaya-Upaya Mendatangkan Traffic

Bagaimana dan cara apa yang akan anda gunakan untuk mendatangkan traffic? Tulis setidaknya 3 strategi untuk mendatangkan traffic sesuai pengetahuan anda, dan fokuslah pada ketiga hal tersebut. Blog Commenting? Guest Posting? SEO? Social Media Promotion? Iklan? dan masih banyak lagi cara lainnya. Satu poin penting yang harus saya garis bawahi adalah: membuat koneksi, berkenalan, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan sesama blogger maupun pengunjung adalah cara awal yang paling efektif dan memberikan dampak bagus bagi popularitas blog.

10. Mempelajari Berbagai Elemen Pembangun Blog dan Promosi Blog

Bagian ini adalah sebagai tambahan saja, namun tidak ada salahnya saya sampaikan sekalian sebagai bagian dari strategi yang dapat anda pertimbangkan.
Akan sangat menyenangkan jika anda bisa mendesain blog anda sendiri serta memasukkan berbagai jenis konten, widget dan kelengkapan blog serta mempelajari bagaimana meningkatkan visibilitas dan popularitas melalui promosi blog baik organik (SEO) maupun non organik (PPC, advertising campaign, social media campaign, dll). Menggunakan jasa desain dan promosi tidak menjadi masalah. Namun akan lebih baik jika anda dapat melakukannya sendiri. Setidaknya anda dapat mengetahui apa saja yang anda butuhkan ketika anda meminta orang lain melakukan sesuatu untuk blog anda. Berikut list yang menurut saya penting untuk dipelajari seiring perjalanan anda dalam membangun blog:
HTML
CSS
Javascript
SEO
Blog Promotion Tools/Strategies
PHP
MySQL
Apache

11. Ekspektasi atau Harapan terhadap Blog

Terakhir namun tidak kalah penting adalah: menentukan harapan atau keinginan yang akan anda raih. Hal ini menjadi aspek penting karena inilah yang akan menentukan seberapa keras dan kuat anda bekerja, termotivasi, dan mempertahankan semangat. Berikut beberapa contoh pertanyaan sebagai gambaran yang harus anda jawab sebagai bagian dari ekspektasi:
Progress/capaian apa saja yang anda harapkan dari blog anda setelah 6 bulan?
Apa yang akan terjadi jika harapan atau capaian tersebut tidak terwujud?
Mengapa anda menginginkan capaian, harapan, dan hasil tersebut?

Kesimpulan


Mungkin ada sebagian dari anda yang kemudian berceletuk, Kok ribet banget?! Bagi anda yang belum memulai blog, setidaknya 5 poin pertama merupakan wilayah penting yang patut dipertimbangkan. Sedangkan bagi anda yang sudah memulai dan memiliki blog, semua poin menurut saya adalah hal penting. Saya pribadi berpendapat bahwa untuk memulai dan menjalani segala sesuatu butuh keseriusan, pemahaman, itikad, dan aksi, dan bahkan modal atau investasi. Kualitas dan capaian blog ditentukan oleh itu. Tidak ada yang mudah, jika memang harus disebut demikian hmmmoke lah tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan bukan? :) Have a nice blogging!

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: Blogging untuk Pemula: 11 Tips Sebelum Membuat Blog
Blogging untuk Pemula: 11 Tips Sebelum Membuat Blog
https://1.bp.blogspot.com/-oQqAjFDRuVc/WkpVCDeMU4I/AAAAAAAANe8/kETUUXdIxrUmKU2lcilsm6bDiKFMjzRWACLcBGAs/s1600/Blogger-Kaya.png
https://1.bp.blogspot.com/-oQqAjFDRuVc/WkpVCDeMU4I/AAAAAAAANe8/kETUUXdIxrUmKU2lcilsm6bDiKFMjzRWACLcBGAs/s72-c/Blogger-Kaya.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/08/blogging-untuk-pemula-11-tips-sebelum.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/08/blogging-untuk-pemula-11-tips-sebelum.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy