7 Web Tool Service Yang Wajib di-Bookmark Webmaster!

Jika anda adalah webmaster, baik web designer atau web developer, tentu efisiensi adalah segalanya; karena layanan yang cepat dan tepat adal...

Jika anda adalah webmaster, baik web designer atau web developer, tentu efisiensi adalah segalanya; karena layanan yang cepat dan tepat adalah sebuah nilai plus dan investasi besar dalam memberikan kepuasan atas kinerja yang diberikan, baik untuk diri sendiri maupun klien. Ada banyak aktivitas manual yang mesti dilakukan berulang-ulang dan tentu ini membosankan, menguras waktu, dan kadang membuat klien menjadi semakin tidak sabar karena harus menunggu lebih lama. Dalam proses pengerjaan website, saya sering mengalami masalah-masalah tersebut.

Kemudian saya berusaha mencari solusi dan shortcut untuk dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan semacam itu dengan cepat, dan tentunya akurat; karena, sebagai contoh, menuliskan kode dengan puluhan baris sekali jadi adalah hal yang sulit dilakukan. Pasti pada awalnya ada satu atau dua bagian kode yang salah penulisan.
Tips SEO

Oleh karena itu, saya rasa menghadirkan list web tools/resources yang saya temukan ini akan banyak bermanfaat pula bagi anda. Jika anda mengalami hal sama seperti saya, kini saatnya bagi anda untuk memulai strategi hemat waktu, tenaga, dan pikiran dengan mem-bookmark situs penyedia layanan tool gratis berikut ini:

1. Smush It

Smush It adalah layanan kompresi gambar milik Yahoo!. Jika situs anda menggunakan banyak gambar, dan anda tidak begitu berpengalaman dalam menghandle kompresi gambar atau jika anda tidak banyak waktu, maka layanan image compression dari Smush It akan membantu anda melakukan optimalisasi ukuran gambar agar website dapat diload dengan lebih cepat. Berbeda dengan layanan-layanan sejenis, Smush It menggunakan beberapa advance method sehingga gambar yang dikompresi bersifat loseless, artinya meskipun gambar telah terkompresi dengan baik (berkurang ukuran file-nya) namun tetap memiliki kualitas gambar yang sama. Bagi pengguna yang lebih advanced, anda dapat bermain dengan beberapa setting spesifik untuk menghasilkan gambar sesuai keinginan. Link di atas saya arahkan ke halaman web developer-nya terlebih dahulu sebagai halaman perkenalan dan informasi, anda juga dapat langsung masuk ke smushit.com.

2. Copy Paste Character

Kapan terakhir kali anda menghabiskan puluhan menit untuk mencari simboll ASCII seperti copyright, trademark, atau karakter jepang dan cina? Kemudian hasilnya adalah browsing puluhan situs dan baru menemukan karakter yang anda cari? Copy Paste Character memiliki ribuan karakter yang dikelompokkan berdasarkan tipe dan dapat diatur ukurannya. Jika anda banyak berhubungan dengan penggunaan karakter-karakter seperti ini, maka situs ini wajib berada di urutan bookmark nomer satu anda. :)

3. PHP Forms

Salah satu elemen terpenting dalam website adalah form, dan karena kebanyakan website sekarang berbasis PHP, maka membuat form secara manual dan dalam jumlah begitu banyak tentu akan menguras waktu, pikiran, dan tenaga. Bahkan developer pemula pun tetap membutuhkan elemen form di dalam website yang dikelolanya. Tidak ada yang begitu spesial dari situs, kecuali anda tidak perlu lagi membuat form dengan menuliskan kode baris per baris. PHP Forms dapat menumpas habis gejala sakit kepala (hehe) yang akan menyerang anda ketika hendak menuliskan kode form, bahkan anda diijinkan untuk menyimpan hasil form anda ke dalam database situs ini, mengirimkan melalui email, melakukan auto respond, dan mem-validasi input. Situs ini menurut saya adalah salah satu web resources terbaik yang pernah saya ketahui.

4. BgPatterns

Background menjadi elemen terpenting bagi sebuah website, dan pastinya para webmaster. web designer, atau web developer, akan memberikan salah satu fokus perhatiannya pada elemen yang satu ini. Background yang indah dan unik adalah awal dari sebuah web design secara keseluruhan. Dengan BgPatterns anda dapat memilih berbagai macam dasar pola background (tile pattern) yang kemudian dapat dikostumisasi berdasarkan warna, opacity, rotasi, konfigurasi, dan skala. Hasilnya adalah background yang tampak professional dan indah yang dibuat hanya dalam 10 menit.

5. LIpsum (Lorem Ipsum)

Siapa yang tidak mengenal Lorem Ipsum, paragraf-paragraf yang berisi dummy text dan biasa kita temui dalam website yang sedang dibuat, dalam demo theme atau template, dan berbagai macam tulisan contoh lainnya? Lorem Ipsum sendiri sebenarnya memiliki sejarah yang unik dan patut dipelajari, namun di sini kita hanya akan menggunakannya sebagai contoh text website. Mencari referensi dummy text seperti ini sangat mudah, tapi jika anda copy paste secara manual tentu akan banyak memakan waktu. Website ini menyediakan layanan untuk membuat dummy text (Lorem Ipsum) dalam bentuk generator, sehingga anda dapat langsung membuatnya berdasarkan kebutuhan dan setting, misalnya paragraf, awal teks, dan lain sebagainya.

6. What The Font

Banyak webmaster berurusan dengan menyesuaikan tipe atau jenis font yang mereka temukan di website lain dan hendak mereka gunakan di dalam website yang sedang dikerjakan. Mencari secara acak tentu membutuhkan banyak waktu dan tentu bukan cara yang menguntungkan. Untungnya, situs ini hadir dan mengijinkan anda mengupload gambar atau memasukkan URL gambar dan akan menganalisa jenis font dalam gambar tersebut untuk anda. Sangat bermanfaat, terlebih lagi scripting dan engine website itu adalah milik dan buatan mereka sendiri. Mengagumkan!

7. Browser Sandbox

Terakhir, tapi tak kalah penting dalam pengembangan/desain web adalah memastikan bahwa website yang telah hampir selesai dikerjakan sesuai/compatible dan dapat dibaca dengan baik oleh berbagai macam jenis web browser, terutama browser yang selama ini sering mengguncang kepala para web developer: Internet Explorer. Sesuai dengan namanya, tool sederhana ini memiliki browser IE terbaru dan selalu diupdate dan dioperasikan dari satu halaman interface. Alat ini juga digunakan untuk melakukan checking kompatibilitas Chrome, Firefox, Safari, Opera, Firefox mobile, dan Opera mobile. Test halaman web lintas browser menjadi sangat mudah dan mungkin dilakukan. Meskipun pengoperasian tool situs ini agak rumit, namun menurut saya website inilah yang terbaik untuk melakukan pekerjaan semacam itu.

Yup, di atas adalah 7 website yang sering saya gunakan layanannya ketika sedang membuat dan mengembangkan website. Tentu masih banyak situs dan jenis layanan lain yang juga tidak kalah penting. Namun menghadirkan ke tujuh situs di atas saya rasa dapat menjadi awal dari strategi hemat waktu ala webmaster ini. :)

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,36,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Blog iTapuih.com: 7 Web Tool Service Yang Wajib di-Bookmark Webmaster!
7 Web Tool Service Yang Wajib di-Bookmark Webmaster!
https://1.bp.blogspot.com/-Ps_uXObwHoM/WkpgVklZ-DI/AAAAAAAANgc/uq1Nc10Jk-waDmKAva4N2lQ5EvF58THMQCLcBGAs/s1600/SEO.png
https://1.bp.blogspot.com/-Ps_uXObwHoM/WkpgVklZ-DI/AAAAAAAANgc/uq1Nc10Jk-waDmKAva4N2lQ5EvF58THMQCLcBGAs/s72-c/SEO.png
Blog iTapuih.com
https://blog.itapuih.com/2018/08/7-web-tool-service-yang-wajib-di.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/08/7-web-tool-service-yang-wajib-di.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy