6 Tips dan Strategi Content Marketing (Pemasaran Konten)

Content Marketing adalah sebuah frase yang memiliki makna cukup kuat. Content (konten) dalam konteks dunia online bisa berarti artikel, vide...

Content Marketing adalah sebuah frase yang memiliki makna cukup kuat. Content (konten) dalam konteks dunia online bisa berarti artikel, video, audio, atau gambar dengan berbagai macam formatnya. Sedangkan Marketing dalam konteks yang sama berarti membawa dan memperkenalkan konten tersebut ke khalayak dunia online. Esensinya adalah mengimplementasikan taktik dan strategi agar ide, gagasan, pengalaman, informasi, saran, studi, pandangan anda dapat sampai kepada mereka.
Tips dan Tutorial Blog

Memasarkan konten adalah sebuah tantangan tersendiri dimana lebih dari 2 trilyun pengguna internet setiap detik dibanjiri dengan email marketing (sebagian besar spam), feed social media (twitter stream, facebook feeds, dll), banner iklan di sana-sini, dan berbagai macam cara online marketing lainnya. Dengan demikian, content marketing HARUS tampil berbeda dari bentuk-bentuk marketing tersebut; bukannya mirip, apalagi sama persis!

Proses pembuatan konten dalam strategi content marketing sebenarnya memperhatikan hal-hal yang hampir sama dengan strategi pembuatan konten pada umumnya. Perbedaannya, content marketing mengandung sebuah perspektif positif terhadap bisnis yang anda tawarkan. Content marketing yang dilakukan dengan baik akan menciptakan ketertarikan terhadap bisnis; menarik traffic besar menuju website; dan, semoga, meningkatkan penjualan dan conversion rate. Konten yang hebat tidak hanya akan membawa bisnis anda menuju target penjualan, namun juga memberikan manfaat besar pada branding dan kepemimpinan bisnis anda karena konten tersebut informatif, membelajarkan, memberi pencerahan, menyodorkan solusi, dan terkadang menghibur.

Ada cukup banyak strategi content marketing yang bisa dipelajari dan digunakan. Diantaranya adalah dengan memadukannya dengan email marketing. User dibanjiri dengan email-email berisi konten atau feed (sekali lagi, sebagian besar adalah spam). Atau bisa juga dengan melakukan strategi pendaftaran konten melalui article directory, guest blogging, dan masih banyak lagi. Tapi apakah benar semua strategi tersebut benar-benar mampu memberikan hasil yang sama pada setiap bisnis yang berjuang dengan content marketing? Belum tentu. Berikut adalah strategi-strategi inti yang menurut saya bersumber dari bagaimana kita menciptakan dan mempublikasikan konten, sebab keduanyalah yang menentukan bagaimana user/costumer dapat mencapai konten dengan cara yang elegan dan dengan ketertarikan sebenarnya.

1. Memberikan tetesan jauh lebih baik daripada membanjiri

Ada tendensi untuk membuat konten sebanyak-banyaknya ketika sebuah bisnis baru mencoba strategi content marketing, lalu menyebarkannya secara serampangan dan besar-besaran ke dunia online, lalu berharap konten-konten tersebut akan mendatangkan banyak traffic dan meningkatkan penjualan dalam jangka lama. Menurut saya ini ide yang tidak bisa lagi disebut brilian. Informasi terus berdatangan dan peristiwa-peristiwa terus terjadi, teknologi dan berbagai macam bidang terus berkembang dan berubah.

Artinya, para pengguna internet dan pencari informasi tidak akan mencari hal yang sama terus menerus. Strategi membuat dan menerbitkan konten memperhatikan betul aspek konsistensi. Menerbitkan konten berkualitas secara konsisten, persisten, dan selalu terupdate dengan kondisi, peristiwa, trend, dan perkembangan yang sedang terjadi akan memberikan kesegaran pada bisnis anda serta mampu memenuhi kebutuhan user akan konten yang relevan dan menarik. Strategi ini sama persis dengan strategi pengelolaan blog pada umumnya.

2. Pantau statistik konten

Gunakan perlengkapan statistik dan analytics seperti Google Analytics, Statcounter, atau tool sejenis untuk memantau konten. Setelah menemukan tipe artikel atau konten lainnya yang cukup berpengaruh, ditandai dengan jumlah pageview dan respon, anda akan mendapatkan gambaran mengenai tipe-tipe konten apa saja yang memberikan ketertarikan tinggi. Ke depan, anda dengan mudah dapat membuat dan mempublikasikan konten yang sebelumnya telah terprediksi dengan baik.

Ada cukup banyak parameter yang perlu digunakan untuk melihat dan menganalisis lebih jauh, namun menurut saya beberapa hal berikut dapat menjadi gambaran inti dari sebuah konten yang pantas disebut bagus:

  • Membawa traffic tinggi
  • Menggiring ketertarikan tinggi dan memancing respon/pertanyaan
  • Meningkatkan penjualan/konversi

3. Manfaatkan Social Media

Sesaat setelah sebuah konten diterbitkan, tujuan awal yang perlu dicapai adalah meraih sebanyak mungkin audience untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan orang-orang terhadap topik yang berkaitan dengan bisnis anda. Salah satu strategi penarik audience yang paling mudah dan dapat langsung digunakan sebagai alat analisis adalah social media. Oleh karena itu, memanfaatkan social media sebagai sarana publikasi dan penggiring fans adalah sebuah pilihan tepat. Content yang anda tawarkan akan mendapatkan targetted traffic. Mereka yang menyukai konten anda dengan sukarela akan membagikan konten kepada teman, follower, subscriber mereka dan mengikuti akun bisnis anda. Apabila konten anda benar-benar disukai banyak orang, bisa dibayangkan bagaimana efek viral yang terjadi, bukan?

Selain itu, search engine seperti Google kini memberikan bobot, meskipun kecil, pada visibilitas sebuah konten dan website di social media (social signals). Sebut saja Google+, yang kini memberikan pengaruh pada bagaimana hasil pencarian ditampilkan (+1 dan private search). Belum lagi Facebook Page/Profile page, status, tweet, twitter profile, G+profile, dll yang kadang juga muncul hasil pencarian; atau +1, likes, dan favorites yang kadang mempengaruhi hasil pencarian.

4. Perhatikan kualitas, bukan kuantitas

Ratusan, ribuan, bahkan jutaan konten diproduksi dan dipublikasikan setiap hari. Para petualang internet senantiasa dimanjakan dengan berbagai pilihan konten yang hendak dibaca. Persaingan content marketing demikian hebat. Menciptakan konten bagus dan berkualitas adalah strategi paling logis dan memberikan efek signifikan pada persaingan itu. Konten yang telah melalui proses penulisan/pembuatan teruji, dibuat dengan analisis meskipun ringan, memperhatikan aspek otoritas (authority), dan dikemas dengan gaya penulisan yang sesuai dengan target memberikan hasil konten yang berkualitas tinggi. Cari apa yang membuat pengunjung target anda tertarik, terpancing, kritis, penasaran dengan melakukan analisis ringan. Buat judul artikel/konten yang cukup memancing, isi yang padat dan kaya tapi tidak berbelit, gunakan struktur konten yang memudahkan pengunjung memilah dan memilih.

Seringkali, untuk mencapai target jumlah konten, hal-hal tersebut kurang diperhatikan. Konten dibuat alakadarnya, copas sana sini, mengesampikan otoritas, asal jadi. Coba saja bandingkan satu konten yang anda buat dengan sungguh-sungguh dengan 3 atau 4 konten yang anda buat dengan serampangan. Anda akan melihat bahwa tingkat respon, pertanyaan, jumlah traffic, dan berbagai indikator lainnya akan jatuh pada konten yang pertama. Jumlah konten tidak bisa menjadi patokan dan alat agar jumlah kunjungan ke website anda tinggi.

5. Terapkan SEO yang tepat

Search engine optimization (SEO) adalah senjata untuk menarik pengunjung target dan potensial. Penerapan SEO yang baik dan benar tidak saja meningkatkan jumlah traffic, tapi juga memberikan otoritas dan visibilitas website di dunia internet. Semakin sering website dan halaman konten anda muncul di search engine, semakin tinggi awareness dari para pengguna internet. Nah, untuk mencapai tahap ini, artikel/konten anda perlu mencapai SERP (halaman hasil pencarian search engine) di level atas. Konten terbaik sekalipun tidak akan mendapatkan predikat sebagai sebuah konten yang mampu memberikan ketertarikan dan konversi tinggi apabila tidak mampu bersaing di search engine. Namun demikian, dalam upaya melakukan SEO, hindari hal-hal yang berbahaya dan melanggar ketentuan dari masing-masing search engine karena ini justru berakibat buruk bagi konten, website, dan bahkan bisnis anda!

6. Berikan Informasi, bukan promosi

Ada satu hal yang perlu ditegaskan: tidak semua konten adalah landing page. Setiap saat orang-orang mendapatkan serbuan dan seruan penjualan produk, baik di toko-toko, televisi, baliho, banner iklan web, pop up ads, dan masih banyak lagi media iklan lainnya. Mereka telah begitu jeli mencermati dan bosan dengan berbagai cara mencolok untuk memaksa mereka membeli suatu produk. Inilah mengapa article/content marketing HARUS berbeda dari cara-cara tersebut, sekaligus ini juga alasan mengapa content marketing mulai dilirik sebagai salah satu strategi andalan online marketing.

DougKessler QuoteSeringkali saya melihat artikel-artikel yang disubmit di situs social bookmarking yang saya kelola sekedar berisi informasi produk yang terkesan sangat menjual, terlalu mencolok, memuji-muji tanpa bukti, dan tidak memiliki nilai informasi bagi pembaca. Ini jauh esensi dari content marketing. User yang mencari melalui search engine cenderung mencari informasi, meskipun konten yang ditemukan berkaitan langsung dengan produk, namun yang dibutuhkan adalah informasi yang berbobot, detil, review objektif, dan tidak memaksa atau mengandung bahasa-bahasa penjualan yang terlalu vulgar. Inilah mengapa kebanyakan artikel-artikel penjualan produk sangat jarang mendapat pengunjung dari search engine tidak peduli sekuat apapun usaha SEO yang dilakukan. Posisikan konten sebagai sarana informasi yang berkaitan dengan bisnis namun berimbang, bernilai, dan bermanfaat bagi pembaca. Jika ingin memiliki konten yang bertugas melakukan rayuan dan promosi habis-habisan, serahkan pada landing page. Itu pun cukup satu
saja dan tidak dirancukan dengan artikel/konten (blog). Serahkan semua kesimpulan dan keputusan pada pembaca, yaitu setelah mereka melihat berbagai pertimbangan, perhitungan, referensi, solusi, informasi, perbandingan, saran, dan berbagai aspek lainnya.

Dengan demikian, telah terjawab mengapa artikel/konten berkualitas sangat diperlukan. Sekali pembaca mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mendapat pencerahan atau solusi, dan akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah lanjutan, tibalah saatnya bagi anda, artikel anda, dan produk anda mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: 6 Tips dan Strategi Content Marketing (Pemasaran Konten)
6 Tips dan Strategi Content Marketing (Pemasaran Konten)
https://2.bp.blogspot.com/-NrwRvSRF3PE/WkpKC20x5fI/AAAAAAAANd8/JYD5GBwd4TE4ALMq_GCoXXCDn01M5ELxQCLcBGAs/s1600/Blogger.png
https://2.bp.blogspot.com/-NrwRvSRF3PE/WkpKC20x5fI/AAAAAAAANd8/JYD5GBwd4TE4ALMq_GCoXXCDn01M5ELxQCLcBGAs/s72-c/Blogger.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/08/6-tips-dan-strategi-content-marketing.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/08/6-tips-dan-strategi-content-marketing.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy