Perbedaan Web Development dan Web Design

Apa itu web development? Banyak yang menyamakan antara web design dan web development, bahkan Google pun menyejajarkan kedua istilah tersebu...

Apa itu web development? Banyak yang menyamakan antara web design dan web development, bahkan Google pun menyejajarkan kedua istilah tersebut dengan menyamakan development dan design pada hasil pencarian. Kenyataanya, web development lebih dari sekedar usaha mendesain web.

Secara umum, desain web adalah apa yang dilihat seorang pengunjung web dan bagaimana dia kemudian berinteraksi dengan website tersebut melalui navigasi, aplikasi, dan fitur-fitur lainnya. Layout web utamanya berkaitan dengan beberapa fungsi untuk pengunjung dan juga aspek estetis: warna, style, gaya navigasi, dan beberapa hal lain. Nah, web design hanya berhenti pada titik ini saja. Setelah suatu tampilan web terciptakan secara matang, maka tugas seorang web designer telah selesai.
Perbedaan Web Development dan Web Design

Desain web bisa dibilang sebagai bagian dari pengembangan web (web development). Pengembangan web condong pada apa yang terjadi di balik layar: usaha pemograman inti yang menciptakan karakteristik dan fungsi web yang memungkinkan suatu website dapat berinteraksi dengan pengunjung sesuai dengan apa yang direncanakan dan diharapkan.

Melihat Web Development lebih Dekat


Tentu akan sangat sulit untuk meneliti dan membuat list detil dari hal-hal yang berkaitan dengan web development. Namun demikian, setidaknya ada beberapa poin penting yang berkaitan dengan web development, misalnya: ecommerce (marketplace, atau usaha mengfungsikan website sebagai sarana penawaran produk dan bertransaksi), content management systems (CMS), SEO & SEM, pengembangan bisnis dengan social media (sebagai upaya interaksi dengan customer/visitor secara lebih dekat), membuat aplikasi untuk mobile device (handphone, smarphone, tablets, gadgets), dan beberapa aplikasi web lainnya.

Perlengkapan/peralatan yang biasa digunakan oleh programmer/developer web adalah PHP, Javascript, XML, ASP, dan SQL. Tentunya, seorang developer web dan desainer web berbagi banyak hal mengenai bidang keduanya yang hampir sama, misalnya mengenai HTML, CSS, dan bahasa-bahasa coding lainnya.

Tugas-tugas dalam Web Development


Pertanyaan yang harus dijawab dalam usaha pengembangan web adalah: Pada poin apa saja saya bisa mengembangkan web? dan Bagaimana saya bisa membangun website? dan pastinya jawaban dari kedua pertanyaan tersebut harus sudah ada pada awal proses ketika website dikembangkan.
Langkah-langkah dalam web development meliputi:


  1. Planning. Menentukan alasan mengapa anda membuat website, berapa besar biaya yang dibutuhkan, apa tujuan dari website tersebut, bagaimana cara membuat dan mengembangkannya, dan seterusnya.
  2. Konten/Isi web (Website Content). Mengidentifikasi konten apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, bagaimana konten itu dibuat, sumber konten, siapa yang akan membuat, dan menentukan parameter kualitas konten.
  3. Design. Fungsi apa saja yang akan digunakan dan ditawarkan pada website dan tampilan apa yang sesuai untuk memenuhi fungsi tersebut.
  4. Konstruksi. Jenis website apa yang akan digunakan, apakah ecommerce, social networking site, blog, web aplikasi, atau jenis web lainnya.
  5. Ujicoba (Testing). Memastikan semua fitur website berfungsi dengan baik. Membuat beberapa prototype website adalah langkah penting dalam melakukan tahap ini.
  6. Webhosting and maintenance. Tentu setelah semua tahap dilalui, saatnya web anda masuk dunia online; memilih nama domain web yang tepat dan menggunakan server khusus yang dibuat/dibeli/disewa, entah menggunakan shared hosting, dedicated hosting, atau cloud hosting.
  7. Pemasaran (Marketing). Setelah semua setting online beres, kini saatnya melakukan pemasaran/promosi agar apa yang anda tawarkan diketahui atau dikenal publik. Pada tahap inilah web developer atau khususnya web marketer bermain peran dengan usaha yang sangat besar, misalnya: SEO (search engine optimization, usaha meningkatkan visibilitas web agar memiliki peringkat atas di search engine, baik onpage SEO, maupun offpage SEO); SEM (search engine marketing, upaya memaksimalkan penggunaan search engine sebagai alat promosi), yang meliputi advertising ads (Adwords, dll), SEO itu sendiri (organic search results/traffic); social media marketing, email marketing, dan banyak lagi usaha lainnya.
  8. Pelayanan (Service). Proses penjualan produk yang meliputi support/customer service, transaksi, pengantaran barang, layanan purna jual, dan lain-lain.


Efek dan manfaat dari web development tidak hanya terletak pada tampilan website, tetapi juga pada bagaimana keseluruhan fungsi dari website dapat menciptakan hasil sesuai harapan. Artinya, seluruh biaya yang dibutuhkan benar-benar dipertimbangkan dan dibandingkan dengan hasil yang didapat (return on investment; ROI).

Manakah yang paling penting: Web design atau web development? Keduanya. Desain menjadi alasan bagi pengunjung untuk memutuskan apakah dia akan bertahan atau menutup jendela browser, karena tampilan dan navigasi sangat berpengaruh. Di sisi lain, konten yang terupdate dan berkualitas, fungsi website yang sangat mendukung, kemudahan untuk bertransaksi, customer service yang membantu, serta promosi yang komunikatif dapat meningkatkan performa website dan kepercayaan dari customer.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,36,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Blog iTapuih.com: Perbedaan Web Development dan Web Design
Perbedaan Web Development dan Web Design
https://4.bp.blogspot.com/-HlLPVnsA6yI/WwD_pmOdbRI/AAAAAAAAOZ0/T_PLpDlGmWs4oJf5fj-bKm4nwBXrsJJOwCLcBGAs/s1600/Website-1.png
https://4.bp.blogspot.com/-HlLPVnsA6yI/WwD_pmOdbRI/AAAAAAAAOZ0/T_PLpDlGmWs4oJf5fj-bKm4nwBXrsJJOwCLcBGAs/s72-c/Website-1.png
Blog iTapuih.com
https://blog.itapuih.com/2018/05/perbedaan-web-development-dan-web-design.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/05/perbedaan-web-development-dan-web-design.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy