8 Tips Trik GooglePlus untuk Penggunaan Sehari-hari

Google+ mungkin social media yang popularitasnya bisa dibilang tinggi, tapi faktanya mungkin sebaliknya. Google+ sering dituduh meniru dua s...

Google+ mungkin social media yang popularitasnya bisa dibilang tinggi, tapi faktanya mungkin sebaliknya. Google+ sering dituduh meniru dua social media popular lainnya. Tapi, semirip apapun dengan Facebook dan Twitter, Google+ tetaplah sebuah platform berbeda dan sebenarnya memiliki banyak fitur luar biasa. Memang, Google+ memiliki hampir semua fitur yang dimiliki oleh pesaingnya, tapi sebenarnya memiliki pendekatan yang jauh berbeda, khususnya dalam hal sharing konten.
Tips Social Media

Sebagai contoh, Google+ memperkenalkan konsep Circles (lingkaran), dimana anda juga bisa membuat sendiri circle anda untuk mengelompokkan orang-orang khusus, misalnya keluarga, teman, co-worker, dll. Google+ juga memiliki fitur page, yang digadang-gadang meniru Facebook Page, tapi sebenarnya memiliki fitur yang jauh berbeda. Google+ juga merupakan platform blog yang memberikan keluasan bagi user untuk membuat konten sedemikian panjang dan memberikan fitur interaksi yang sangat memadai.

Tapi, yah Mungkin fitur-fitur luar biasa itu tidak dapat menjadi senjata yang cukup ampuh bila dipersaingkan dengan Facebook, Twitter, Intagram, dll, mengingat user social media mayoritasnya adalah end-user yang menyukai kesederhanaan, kemudahan, dan kecepatan. Google+, bagi pengguna umum, masih dipandang sebagai social media yang terlalu rumit, belibet, belepotan Banyak fiturnya yang bahkan tidak tersentuh sama sekali. Google klaim user Google+ mencapai di atas 500 juta, tapi faktanya hanya separuhnya yang benar-benar aktif. Saya pribadi bukan penikmat Google+ dan masih condong menggunakan Facebook dan Twitter untuk aktivitas pribadi dan marketing. Namun demikian, Google+ masih sangat dianjurkan untuk bisnis dalam hal SEO dan multifungsi Business Page-nya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pencarian Google yang kadang menampilkan post Google+.

Jadi, meskipun anda sudah demikian akrab dengan Google+, belum tentu anda mengenal semua fiturnya, karena begitu rumitnya eksplorasi dan halaman-halaman khusus yang harus diakses untuk melakukan setting tertentu. Oleh karena itu, daftar tips trik Google+ berikut mungkin akan sangat berguna untuk diterapkan, khususnya untuk penggunaan sehari-hari.

1. Mention/Tag User

Ini mungkin semua sudah tahu. Saat menulis post, anda bisa memanggil atau menotifikasi seseorang dengan menggunakan fitur mention dengan kunci keyboard @ (khusus untuk orang-orang di circles anda saja) atau dengan kunci keyboard + (untuk semua user Google+ tanpa kecuali).

2. Shortcut Keyboard

Sebagaimana produk-produk Google lainnya, dan juga pada social media pesaingnya, Google+ dilengkapi dengan sejumlah shortcut untuk memudahkan penggunaannya. Untuk mendapatkan daftar shortcut keyboardnya, kunjungi halaman stream Google+ utama (homepage) dan tekan Shift + ? (tanda tanya). Beberapa shortcut bermanfaat di antaranya adalah j, shortcut untuk membawa anda ke post berikutnya, dan k, shortcut untuk scroll halaman stream.

3. Menghentikan Notifikasi (unsubcribe)

Terkadang percakapan yang terlalu panjang pada suatu post akan sangat mengganggu, khususnya jika para user sudah berhenti berbicara soal topik inti dan mengarah kepada topik-topik lain yang sama sekali tidak berhubungan atau melenceng jauh. Untuk berhenti mengikuti/berlangganan balasan-balasan baru, buka post yang anda ikuti, arahkan mouse ke atasnya hingga menu dropdown di kanan atas post muncul. Klik dan pilih mute post.
berhenti-langganan-post-google-plus

4. Mengirimkan Pesan

Menggunakan Hangouts adalah cara paling mudah untuk mengirimkan pesan personal. Hangouts terintegrasi dengan user Google+ sehingga anda bisa mengirimkan pesan teks atau video dalam bentuk chat. Tapi ada cara lain. Agak rumit, tapi sangat bermanfaat untuk situasi tertentu, misalnya jika anda sangat terburu-buru dan hanya memiliki akses terbatas. Buat post seperti biasa, tapi hapus share ke circles, publik, dll di bagian bawah post. Saat membuat post, mention orang yang dimaksud. Post anda hanya akan bisa dibaca oleh orang yang anda mention.

5. Memberikan Style Pada Konten Post

Anda bisa membuat konten yang tidak melulu plain, datar begitu saja. Tidak seperti Facebook dan Twitter, anda bisa memberikan sedikit sentuhan pada post Google+ anda, misalnya jika ingin memberikan pada kata atau kalimat tertentu. Beberapa contoh perintah:
Untuk menebalkan teks, lingkupi bagian yang ingin ditebalkan dengan asteriks (*). Contoh: bla bla bla.. *bagian teks yang ditebalkan* bla bla.
Untuk memberikan cetak miring, lingkupi bagian teks dengan underscore (_), Contoh: bla bla bla.. _bagian teks yang dicetak miring_ bla bla.
Untuk memberikan garis melintang di tengah teks (strike out), lingkupi bagian teks dengan strip/hyphen (-), Contoh: bla bla bla.. -bagian teks yang diberi garis- bla bla.
Perintah-perintah itu juga berlaku untuk teks di dalam komentar.

6. Menemukan Semua Gambar GIF yang Pernah di-Upload

Ada satu fitur keren yang kurang dikenal. Google+ mengumpulkan semua gambar gif yang pernah anda upload dan share ke dalam sebuah gallery. Fitur ini, atau lebih tepatnya sub-fitur, berada di halaman foto anda. Buka halaman foto (Google+ Photos) dan lakukan pencarian dengan keyword motion.

7. Melacak Aktivitas Sebuah Post

Google+ memberikan keleluasaan bagi anda yang ingin melacak aktivitas post. Sama seperti fitur mute post, fitur ini juga berada di bagian menu dropdown di bagian kanan atas masing-masing post, klik pada view post activity. Cek contoh gambar di atas.

8. Import Gambar dari Facebook dan Instagram

Anda benar-benar jatuh cinta dengan Google+? Tapi tidak tahu bagaimana memindahkan semua foto dari Facebook dan Instagram? Jangan khawatir. Anda bisa download aplikasi picasa dan import semua gambar Facebook ke Google+. Untuk import semua gambar dari Instagram, Gunakan Instaport. Cukup login dengan akun Instagram, pilih foto apa saja yang ingin didownload. Setelah didownload, anda bisa melakukan import ke Google+ melalui aplikasi picasa, atau via instaport langsung ke social media pilihan anda, termasuk Google+.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: 8 Tips Trik GooglePlus untuk Penggunaan Sehari-hari
8 Tips Trik GooglePlus untuk Penggunaan Sehari-hari
https://2.bp.blogspot.com/-qsXy0LXCMys/WkpuJio4RyI/AAAAAAAANh8/l-NxUlDwwvMJ7kL1HEhBhqHB8SOf8Q8TgCLcBGAs/s1600/Social-Media-Trick.png
https://2.bp.blogspot.com/-qsXy0LXCMys/WkpuJio4RyI/AAAAAAAANh8/l-NxUlDwwvMJ7kL1HEhBhqHB8SOf8Q8TgCLcBGAs/s72-c/Social-Media-Trick.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2018/02/8-tips-trik-googleplus-untuk-penggunaan.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/02/8-tips-trik-googleplus-untuk-penggunaan.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy