10 Plugin WordPress Terpopuler dan Terbaik

WordPress adalah salah satu platform blogging (dan kini platform website!) terkemuka dan banyak digunakan oleh blog/website terkenal. Jika a...

WordPress adalah salah satu platform blogging (dan kini platform website!) terkemuka dan banyak digunakan oleh blog/website terkenal. Jika anda baru saja setting WordPress atau sedang mencari tahu plugin apa saja yang paling banyak digunakan dan menjadi referensi banyak orang, maka anda datang pada artikel yang tepat.
Cara Cek Plugin WordPress yang Jadi Beban CPU Server

10 Plugin WordPress Terpopuler dan Terbaik

List plugin terkenal dan terbaik berikut mungkin akan memberikan gambaran pada anda plugin mana saja yang dapat anda gunakan. Saya mendasarkan popularitas plugin tersebut pada jumlah download di inventori plugin WordPress. Mungkin akan terkesan cliche, tapi menurut saya jumlah download cukup mewakili seberapa besar kebutuhan pengguna WordPress akan plugin-plugin tertentu.

List dan Tutorial plugin WordPress lain yang cukup penting:

1. All in One SEO Pack


All in One SEO pack adalah plugin SEO yang paling populer di kalangan pengguna WordPress. Sebagai plugin yang sangat bermanfaat untuk SEO, plugin ini memiliki fitur yang sangat beragam, mulai dari title tag rewriter hingga open graph.

2. Akismet


Akismet adalah plugin garapan Auttomatic yang berfungsi melakukan checking dan menyisihkan komentar spam berdasarkan database terintegrasi. Saat ini Akismet termasuk sebagai salah satu database spam terbesar. Secara default Akismet telah terintegrasi dengan instalasi WordPress, anda tinggal mengaktifkan dengan menggunakan activation key yang bisa didapat di akismet.com (free and pro versions).

3. Google XML Sitemaps


Plugin ini bertugas membuat sitemap berformat XML yang terdiri dari index sitemap (sitemap_index) dan beberapa sitemap yang tersusun berdasarkan structure WordPress (sitemap untuk kategori, tag, page, dan post). Sitemap adalah salah satu tool yang mempermudah search engine mengindeks halaman web berdasarkan struktur yang kompleks sehingga proses crawling lebih efektif. Simak ulasan mengenai sitemap XML, plugin, dan penggunaannya.

4. Contact Form 7


Contact Form 7 adalah plugin fitur terintegrasi untuk platform WordPress yang berfungsi sebagai tool untuk membuat dan mengatur sejumlah contact form plus memungkinkan anda melakukan kostumisasi form dan tampilannya dengan mudah. Contact form ini mendukung penuh penggunaan dan integrasi Ajax, Captcha, Akismet, dan sejumlah plugin lainnya.

5. NextGEN Gallery


Plugin ini menyediakan mesin yang powerful sebagai alat manajemen gambar seperti fitur upload yang kaya, manajemen gallery gambar, import meta data, menambah/menghapus/mengatur urutan gambar, edit thumbnail, mengelompokkan galeri gambar ke dalam album, dan masih banyak lagi.

6. WP Super Cache


Plugin ini berfungsi membuat file-file HTML statis dari halaman-halaman WordPress yang dynamic. Setelah sebuah file HTML terbentuk, maka server akan mengeksekusi file HTML tersebut daripada mengeksekusi kueri PHP WordPress yang notabene berat dan memakan banyak resources. Hasilnya, loading halaman lebih cepat, berat halaman berkurang drastis sehingga bandwidth bisa dihemat, dan kinerja server menjadi jauh lebih ringan.

7. Google Analtytics for WordPress


Ini bukan plugin Google Analytics biasanya dimana anda hanya mendapatkan kemudahan dalam memasukkan kode Google Analytics. Fungsi plugin ini adalah sebagai tracker dengan berbagai metadata; mulai dari tracking pageview per author, category, post, pageview global, klik outbound link, dan masih banyak lagi.

8. WPtouch


WP touch secara otomatis mentransformasikan website anda menjadi versi mobile agar bisa diakses oleh mobile devices (smartphone, iPhone, iPod Touch, iPad, Balckberry OS6+, Android, dll), dilengkapi dengan ajax pada loading halaman artikel dan berbagai efek lainnya. Ini khususnya sangat bermanfaat bagi anda yang tidak menggunakan theme responsif.

9. WordPress Importer


Meskipun memiliki tampilan cukup sederhana, namun plugin ini masuk ke jajaran 10 plugin paling terkenal lantaran fungsinya yang cukup penting. Plugin ini bertugas melakukan import dan export file post, category, tag, custom field, dan beberapa jenis file lainnya dari sebuah instalasi WordPress ke instalasi WordPress lainnya.

10. JetPack by WordPress.com


Plugin ini cukup menarik dan juga banyak sekali digunakan. Jetpack adalah plugin super yang berfungsi menambahkan fitur-fitur yang dimiliki WordPress.com ke dalam WordPress yang dihosting secara mandiri. Plugin ini sangat rutin diupdate dan mengalami banyak penambahan fitur menakjubkan, dari WP Stats, Sharing, Shortlink, Math, Phyton, autoshare post ke social media, dan masih banyak sekali fitur lainnya. Bisa dibilang dari sebagian besar plugin individual yang anda butuhkan, semuanya sudah tercover dalam plugin ini. [Update: Jetpack sekarang support conditional tag untuk menampilkan/tidak menampilkan widget pada halaman tertentu (fitur Visibility), sehingga anda tidak perlu tambahan plugin lain.


10 Plugin lain yang masuk 20 besar (search di Google):

11. Fast Secure Contact Form
12. WP PageNavi
13. WordPress SEO by Yoast
14. Share Buttons by Lockerz / AddtoAny
15. WP e-Commerce
16. Google Analycator
17. Yet Another Related Posts Plugin (YARRP)
18. TinyMCE Advanced
19. Sociable
20. Really Simple Captcha

Untuk mempermudah pencarian dan instalasi plugin di atas, bagi yang tertarik, langsung saja search melalui fitur plugin search di Dashboard WordPress, kemudian install dan aktivasi. Apakah anda punya plugin lain yang menjadi favorit dan bisa direkomendasikan? Feel free to recommend it in the comment from below.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,36,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Blog iTapuih.com: 10 Plugin WordPress Terpopuler dan Terbaik
10 Plugin WordPress Terpopuler dan Terbaik
https://3.bp.blogspot.com/-CUVE0JthFUE/WohAKPgA_NI/AAAAAAAAN8Y/SfXkBI4zmg0Mv4DkAQk8IeDy5GlEpiFUQCLcBGAs/s1600/Wordpress-4.png
https://3.bp.blogspot.com/-CUVE0JthFUE/WohAKPgA_NI/AAAAAAAAN8Y/SfXkBI4zmg0Mv4DkAQk8IeDy5GlEpiFUQCLcBGAs/s72-c/Wordpress-4.png
Blog iTapuih.com
https://blog.itapuih.com/2018/02/10-plugin-wordpress-terpopuler-dan.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2018/02/10-plugin-wordpress-terpopuler-dan.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy