Memahami Peringkat Web: Apa itu Link Juice?

Dunia search engine optimization memang sangat mengagumkan, seperti halnya dunia internet dan search engine yang menaunginya. Ada banyak ist...

Dunia search engine optimization memang sangat mengagumkan, seperti halnya dunia internet dan search engine yang menaunginya. Ada banyak istilah yang muncul dalam SEO, salah satunya adalah link juice.

SERP dan Link Juice

Mengoptimalkan SEO
Dalam SEO, salah satu hal terpenting adalah upaya meningkatkan peringkat web di halaman pertama search engine. Dengan asumsi dasarnya adalah: siapapun yang melihat listing web (melakukan pencarian di search engine), akan lebih banyak yang melakukan klik (mengunjungi) website/halaman web yang ada di halaman pertama dibandingkan halaman-halaman selanjutnya. Apa kaitannya dengan link juice? Link juice berhubungan langsung dengan SEO, karena faktor inilah yang akan membawa halaman web anda mendapatkan ranking dan memberikan lebih banyak visitor (pengunjung). BTW, what is link juice, dude? Okay, okay.. Lets move onto the next important points below.

Istilah Link Juice

Penggunaan istilah link juice dalam dunia SEO (yang saya belum bisa menerjemahkan atau membuat istilah yang tepat dalam bahasa Indonesia) pertama kali dilontarkan oleh Greg Boser, seorang konsultan SEO, yang kemudian membawa istilah ini dalam diskusi-diskusi forum dan social media. Frase Link Juice kemudian menjadi viral di dunia Internet, khususnya SEO. Link juice diartikan sebagai kemampuan link (dari suatu halaman web) dalam menyalurkan rank (vote). Semakin tinggi tingkat “kepercayaan” search engine terhadap suatu link, semakin banyak/besar link juice yang dapat disalurkan. Semakin banyak link yang diberikan oleh halaman-halaman yang memiliki link juice yang baik (PageRank dan relevansi tinggi), semakin meningkat ranking web di search engine (PageRank; dalam istilah Google). Inilah esensi dari link building.

Cara Mendapatkan Link Juice

Anda bisa mendapatkan link juice dari berbagai macam sumber. Beberapa di antaranya adalah dari social media seperti Digg, Reddit, Delicious, dll. Semakin banyak link di share semakin besar kemungkinan mendapatkan link juice. Selain social media, anda juga bisa mendapatkan link juice dari social bookmark, direktori web, dan dari blog/web lain yang bersedia memberikan backlink pada web atau salah satu halaman web anda. Masalahnya, tidak semua bisa memberikan link secara cuma-cuma. Anda bisa meminta pemilik web/blog untuk menautkan link. Namun, cara yang paling ampuh adalah buatlah konten web/blog yang bagus sehingga para webmaster atau blogger secara sukarela menautkan link web pada halaman konten mereka sebagai kredit, atribusi, atau referensi penting; serta para pengunjung/pembaca dengan sukarela pula melakukan sharing link di berbagai social media. Cara lainnya tentu saja sangat banyak, misalnya Guest Blogging, menulis di blog lain sehingga anda dapat menautkan link ke web/blog anda; sharing informasi penting di forum; menulis artikel di article directory; berkomentar di blog dofollow, dll. Namun demikian, link juice terbaik biasanya didapat dari contextual link (link yang ditautkan sesuai dengan konteks, biasanya di dalam konten/artikel blog), karena memiliki tingkat relevansi yang sangat tinggi.

Intinya, sumber terbesar untuk mendapatkan link juice adalah dengan membuat konten sebaik-baiknya, dengan tujuan untuk memberikan informasi dan insights yang bermanfaat, membantu, dan tentunya original, kepada pengguna Internet secara luas. Jika suatu web/blog hanya dibuat untuk sekedar urusan mendapatkan uang, mengesampingkan faktor-faktor penentu kualitas web, dibuat secara serampangan, bahkan cuma co-pas, maka kemungkinan mendapatkan link juice sangat kecil.

Logika Link Juice dalam Suatu Halaman Web

Seperti halnya PageRank, yang memang berdasarkan konteks link juice, jumlah link di dalam suatu halaman web juga berpengaruh terhadap kualitas link juice yang diberikan. Semakin banyak link, semakin kecil potensi link juice yang diberikan. Misalnya, jika suatu halaman web memiliki Pagerank 3, kemudian di dalamnya terdapat 20 link, maka link juice akan dibagikan kepada 20 link tersebut secara merata. Yah, ambil saja logika termudahnya adalah 3/20 (ingat, ini bukan perhitungan sebenarnya). Jika ditambahkan lagi link-link ke dalam halaman tersebut, misalnya 20 link baru, pembagian juice akan menghasilkan nilai yang semakin kecil, 3/40. Oleh karena itu, memperhatikan banyaknya link di dalam suatu halaman sangat penting, baik halaman web anda sendiri, maupun ketika melakukan link building di web-web lain.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: Memahami Peringkat Web: Apa itu Link Juice?
Memahami Peringkat Web: Apa itu Link Juice?
https://3.bp.blogspot.com/-7ZWStj77kmY/W_Fw6ZU2ZdI/AAAAAAAAP5E/TGD5OdWHyXAUzta6MNduU61NXTdz843jACLcBGAs/s1600/SEO-2.png
https://3.bp.blogspot.com/-7ZWStj77kmY/W_Fw6ZU2ZdI/AAAAAAAAP5E/TGD5OdWHyXAUzta6MNduU61NXTdz843jACLcBGAs/s72-c/SEO-2.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2017/11/memahami-peringkat-web-apa-itu-link.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2017/11/memahami-peringkat-web-apa-itu-link.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy