10 Peristiwa Paling Heboh di Indonesia Selama 2016

Selama 2016 yang masih menyisakan 1 bulanan saja, Indonesia sudah banyak diguncang isu yang cukup panas dan menghebohkan. Gonjang-ganjing te...

Selama 2016 yang masih menyisakan 1 bulanan saja, Indonesia sudah banyak diguncang isu yang cukup panas dan menghebohkan. Gonjang-ganjing terjadi di mana-mana sehingga banyak masyarakat yang akhirnya bingung atau ikut-ikutan arus. Media sosial berperan besar dalam menyebarkan isu dan peristiwa sehingga lapisan masyarakat terbawah pun tahu meski hanya samar-samar.
TOP 10 Viral

rator" style="clear: both; text-align: center;"> 10 Peristiwa Paling Heboh di Indonesia Selama 2016Sebelum 2016 akhirnya habis dan berganti tahun, mari kita ingat kembali peristiwa-peristiwa apa saja yang pernah mengguncang Indonesia. Mari kita kupas lagi agar kelak di masa depan, hal-hal semacam ini tidak terjadi lagi atau kalau pun terjadi kita bisa menyikapinya dengan lebih bijak. Berikut peristiwa paling panas di Indonesia selama 2016.

1. Ahok, Penistaan Agama, dan Aksi Bela Islam


Kalau Anda mengamati berita yang ada di TV atau sosial media dalam satu bulan terakhir, tiga hal di atas adalah yang paling hot. Sejak video Ahok yang mengutip Al-Maidah Ayat 51 mencuat, publik langsung memberikan beragam reaksi. Ada yang menganggapnya biasa, ada yang menyikapinya dengan serius karena berpendapat jika apa yang dilakukan Ahok merupakan bagian dari penistaan agama.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Buntut video yang konon diunggah dan diedit oleh Buni Yani ini menjadi panjang. Masyarakat mulai mengecam Ahok habis-habisan. Puncaknya, aksi bela Islam dari penistaan dilakukan dengan damai di Jakarta pada tanggal 4 November 2016 lalu meski setelah petang massa melakukan aksi perusakan dan pembakaran.


2. LGBT dalam Masyarakat Indonesia


Bergerak ke belakang, Indonesia juga sempat panas dengan masalah LGBT dan turunannya. Media-media yang ada di Indonesia mengangkat topik yang sedang viral ini menjadi banyak pembicaraan yang cukup panas dan alot. Banyak pihak melarang adanya LGBT di Indonesia. Bahkan banyak pejabat di Indonesia mengatakan dengan lantang bahwa mereka melarang dengan dalih tidak sesuai dengan adat ketimuran.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Menristek Mohammad Nasir bahkan mengatakan dengan sangat gamblang kalau kaum LGBT dilarang masuk kampus. Mereka dianggap tidak sesuai dengan nilai moral dan kesusilaan bangsa Indonesia. Buntut dari kasus ini pro dan kontra menyebar di banyak media hingga masyarakat mulai resah kalau anaknya sampai tertular atau memiliki penyimpangan ini.


3. Bangkitnya PKI


Selain masalah Ahok dan LGBT yang bertahan lama di banyak media, isu PKI dan kebangkitannya juga sempat membuat kepanikan. Buku-buku yang ada hubungannya dengan partai komunis ini dihilangkan dari toko buku agar masyarakat tidak tertular ideologi yang konon tidak pantas bagi negeri ini. Selain buku, atribut-atribut yang ada hubungannya dengan PKI dihilangkan sehingga pro dan kontra menyebar di mana-mana.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Beberapa orang mengatakan kalau apa yang dilakukan oleh pemerintah khususnya pihak TNI ini berlebihan. Ada juga mengapresiasi dengan baik tindakan itu agar PKI yang dianggap sebagai public enemy itu tidak bangkit lagi. Oh ya, masalah PKI juga hadir lagi dalam bentuk logo BI pada pecahan uang kertas Rp100.000,00. Beberapa oknum percaya kalau logo itu adalah logo PKI yang sengaja disusupkan. Well, bagaimana menurut Anda?

4. Drama Kopi Bersianida


Tahun 2016 tidak akan menghebohkan kalau belum ada drama sidang kopi bersianida dengan terdakwa Jessica. Selama beberapa saat, TV hanya dipenuhi dengan sidang-sidang yang membuat orang menebak-nebak apakah Jessica membunuh temannya atau tidak. Kalau memang membunuh apa motif dibalik peracunan yang membuat banyak orang jadi memiliki joke terkait kopi.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Saat sidang Jessica dilakukan di TV, banyak ahli dari berbagai bidang bermunculan. Mereka mengungkapkan pandangannya di depan banyak orang sehingga kasus ini semakin pelik. Sidang yang harus bisa berakhir dengan cepat mendadak jadi drama yang memiliki beberapa episode yang cukup pelik dan membingungkan.

5. Natuna dan Pencamplokan Tiongkok


Peristiwa terakhir yang sempat membuat kehebohan di Indonesia adalah gonjang-ganjing di kawasan Kepulauan Natuna. Konflik antara Indonesia dan Tiongkok membuat banyak orang jadi geram. Bagaimana mungkin negara yang memiliki penduduk besar di dunia itu mau mencaplok wilayah NKRI.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Indonesia pernah kehilangan pulau saat berkonflik dengan Malaysia dahulu. Munculnya kasus Natuna membuat semua orang jadi penasaran. Iyakah pemerintah akan diam saja atau mengambil tindakan yang tegas terhadap aksi yang dilakukan oleh Tiongkok.
Inilah beberapa peristiwa paling panas yang terjadi pada tahun 2016, sejauh ini. Semoga di sisa beberapa hari ke depan, negeri ini tidak dilanda isu yang lebih panas yang membuat banyak orang jadi panik dan heboh.

6. Bom Thamrin/Sarinah


Masih di bulan yang sama, peristiwa menghebohkan lainnya terjadi di Indonesia menyusul aksi bom Jalan MH Thamrin, Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016). Kejadian itu membuat banyak orang kaget karena tak hanya ledakan bom, namun juga aksi baku tembak yang dilakukan para pelaku. Akibat kejadian ini dilaporkan 7 orang tewas, termasuk 4 orang pelaku. Selain korban tewas, rupiah terpantau melemah pascakejadian tersebut. Tagar #PrayForJakarta pun sempat menghiasi trending topic dunia di Twitter.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Jenderal (Pol) Badrodin Haiti yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolri mengatakan bahwa Polri telah menindak 33 orang pasca-aksi bom Thamrin pada tanggal 14 Januari 2016. "Pasca aksi teror di kawasan Thamrin tanggal 14 Januari 2016, Polri telah melakukan penindakan terhadap jaringan terorisme sebanyak 33 orang," kata Badrodin. Ia menjelaskan sebanyak 17 orang terkait langsung peristiwa aksi di kawasan Thamrin. Pelaku atau operator sejumlah 4 orang. Pelaku terkait langsung yang ditangkap sejumlah 13 orang.

7. Gafatar


Hilangnya dokter cantik di Yogyakarta bernama Rica Tri Handayani mengawali cerita panjang Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Beberapa hari pascahilang, Rica akhirnya ditemukan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah dan diketahui bergabung dengan Gafatar. Organisasi yang dideklarasikan pada 12 Januari 2012 itupun tiba-tiba muncul dan menjadi perbincangan publik.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Anggapan sebagai aliran sesat memicu pengusiran besar-besaran anggota Gafatar di sejumlah wilayah di Kalimantan. Bahkan di Mempawah, Kalimantan Barat proses evakuasi diwarnai dengan aksi pembakaran pemukiman anggota Gafatar oleh sejumlah warga. Selang beberapa bulan, tiga mantan pimpinan Gafatar, Ahmad Musadeq dan dua orang pengikutnya, Mahful Muiz Tumanurung dan Andri Cahya ditahan Bareskrim Polri. Mereka diproses hukum atas kasus penistaan atau penodaan agama yang dilakukan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).


8. Ancam Polwan


6 April 2016, tepat saat puluhan siswa di Kota Medan menggelar konvoi usai menyelesaikan Ujian Nasional sebuah peristiwa yang menghebohkan terjadi. Seorang siswi terekam mengancam polwan saat ditilang, dan mengaku sebagai anak jenderal. Potongan video yang tersebar di media sosial itu dengan cepat tersebar dan membuat siswi tersebut panen bully.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Kisah tragis pun terjadi saat ayah siswi tersebut diketahui meninggal dunia usai peristiwa tersebut. Beberapa bulan kemudian, siswi dan polwan itu kembali bertemu saat Ikrar Bersama Badan Narkotika Gereja-gereja Reformis. Keduanya terlihat akrab, bahkan si siswa saat itu dipilih sebagai duta Antinarkoba.

9. Penyanderaan Abu Sayaff 


Maret 2016, masyarakat sempat dihebohkan dengan penyanderaan 10 WNI oleh kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina. Usai menyandera 10 WNI, mereka lalu mengontak otoritas Filipina dan meminta uang tebusan sebesar Rp 15 miliar. Negosiasi pun alot, namun akhirnya secara bertahap sandera bisa kembali ke Indonesia.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Dua sandera terakhir, yang menjadi sandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan sejak 20 Juni lalu, Muhammad Nasir dan Robin Piter, Kamis (15/12/2016) sekitar pukul 23.20 WIB, akhirnya tiba di tanah air.

10. Dimas Kanjeng 


Kasus penggandaan uang di padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi menjadi perbincangan hangat di bulan-bulan akhir 2016. Selain kasus penipuan penggandaan uang, Taat Pribadi ditangkap pihak kepolisian karena kasus pembunuhan.

10 Peristiwa Paling Panas di Indonesia Selama 2016
Image Via Google.co.id

Misteri keberadaan dua bunker yang diduga dipakai menyimpan uang mahar dari ribuan pengikut Taat Pribadi yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia itu baru ditemukan tim penyidik Kamis kemarin.

Selama ini keberadaan bunker itu tidak diakui tersangka yang dikenal sangat licin. Kedua bunker itu mulanya diubek-ubek di ‘istana’ Padepokan Dimas Kanjeng. Namun, pekan lalu gagal ditemukan, lalu upaya penelusuran dilakukan ke rumah kerabat Taat Pribadi dan baru kemudian ke rumah isterinya di kota Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,34,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Mas Da Bang: 10 Peristiwa Paling Heboh di Indonesia Selama 2016
10 Peristiwa Paling Heboh di Indonesia Selama 2016
https://3.bp.blogspot.com/-mveAscWSjFE/W-XKiECbB3I/AAAAAAAAPqQ/PgSG5uW1Cecrz4Nc8juaruZDM_M4ZFs9gCLcBGAs/s1600/TOP10-3-min.png
https://3.bp.blogspot.com/-mveAscWSjFE/W-XKiECbB3I/AAAAAAAAPqQ/PgSG5uW1Cecrz4Nc8juaruZDM_M4ZFs9gCLcBGAs/s72-c/TOP10-3-min.png
Mas Da Bang
https://blog.itapuih.com/2017/01/10-peristiwa-paling-heboh-di-indonesia.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2017/01/10-peristiwa-paling-heboh-di-indonesia.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy