Mengoptimalkan Strategy SEO Pada Blog Bagi Pemula

SEO adalah serangkaian cara dan usaha yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilita...

SEO adalah serangkaian cara dan usaha yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Secara sederhana SEO merupakan strategi yang harus dilakukan oleh pemilik Blog agar postingan artikelnya bisa tampil secara maksimal pada halaman pencarian. Tutorial ini sangat sederhana namun mempunyai banyak makna. Banyak diantara Blogger pemula, bertanya-tanya kenapa artikel yang dia tulis belum muncul pada laman Google. Mungkin salah satunya pemilik blog belum paham dengan cara optimasi SEO pada blog yang mereka kelola. Disini saya akan menjelaskan secara sederhana strategi agar blog dan artikel anda bisa muncul di halaman pencari. Untuk para pemula saya sarankan untuk mengikuti beberapa langkah berikut ini, tapi bagi mereka yang sudah paham dan master dalam hal ini saya minta pendapatnya tentang artikel ini.
Tips seo

Tag Meta Deskripsi


Salah satu fitur yang ada di blogger adalah fitur Tag meta. Fitur ini memungkinkan kita memasukan meta deskripsi blog tanpa harus memasukannya secara manual ke dalam template (Edit HTML). Untuk mengaktifkan fitur yang sangat keren ini sangatlah mudah, anda cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran.
  • Setelah lihat pada bagian Tag meta dan klik “Edit“.
  • Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelususran?” pilih Ya.
  • Terakhir tinggal masukan deskripsi blog anda (lihat gambar).

Tag Meta Deskripsi Postingan


Fitur yang satu ini juga sudah lumayan lama ada pada akun blogger. Namun fitur ini akan berfungsi jika anda telah menerapkan Tag Meta Deskripsi (Menerapkan langkah yang di atas). Dengan menggunakan fitur ini anda bisa membuat meta deskripsi pada laman postingan secara manual. Misalnya ketika anda ingin mempublikasikan salah satu postingan, secara manual masukkan judul artikel yang akan di publis kedalam kolom Deskripsi Penelusuran. Kolom ini ada di bagian kanan postingan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Mengaktifkan robots.txt


Robots.txt adalah sebuah file text (.txt) di dalam sebuah halaman web yang berisi perintah-perintah halaman mana yang boleh di index dan mana yang tidak boleh diindex oleh spider mesin pencari. Fitur ini bisa kita optimalkan lebih bagus lagi untuk mencegah terjadinya duplikat konten. Untuk melihat struktur robots.txt ini bisa anda dapatkan secara otomatis melalui URL ini:

http://namablogmu.blogspot.com/robots.txt

Silahkan copy code di atas dan paste pada mesin pencari anda (ganti dengan nama blog anda). Tampilan file robots.txt tersebut kurang lebih seperti ini. Untuk cara menerapkannya kedalam blog, anda bisa ikuti beberapa lanfgkah di bawah ini.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://namablogmu.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
  • Caranya masuk ke Dashboard >  Setelan > Preferensi penelusuran >
  • Klik “Edit” pada bagian “robots.txt khusus”
  • Setelah itu akan muncul pertanyaan “Aktifkan robots.txt khusus” pilih Ya.
  • Selanjutnya tinggal anda masukan kode robots.txt berikut ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search


Sitemap: http://www.iqbalpajatapuih.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Ganti http://www.iqbalpajatapuih.com dengan URL blog anda dan jangan lupa untuk klik simpan.

Kode robots.txt di atas bersisi perintah agar spider mesin pencari tidak mengindex halaman versi seluler yang dalam keadaan default halaman versi seluler sering ikut terindex mesin pencari dan menyebabkan duplikat konten. Jika anda sudah menerapkan langkah-langkah di atas, mari kita lanjutkan Mengoptimalkan Strategy SEO Pada Blog Bagi Pemula dengan menerapkan beberapa langkah lagi.

Tag Meta Robot


Meta tag robot pada dasarnya fungsinya hampir sama seperti robots.txt, yaitu untuk memberitahu robot perayap halaman mana yang boleh diindex dan halaman mana ya tidak boleh. Selain itu juga ada beberapa perintah-perintah lain.

Nah fitur meta robot yang ada di blogger ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi duplikat konten, terutama duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian. Untuk cara penerapannya cukup sederhana, tapi anda harus hati-hati pada langkah yang satu ini. Silahkan baca langkah-langkah berikut ini dan lihat gambar untuk lebih jelasnya.
  • Masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran >
  • Aktifkan tag header robot khusus.
  • Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini dan Jangan lupa klik Simpan.

Pengalihan Khusus


Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan link yang menuju ke blog kita namun link tersebut tidak benar-benar ada alias halaman 404. Fitur ini sangat bermanfaat sekali, jika dalam satu kejadian anda salah menyebarkan url (ada kata atau huruf yang tertinggal pada url) baik pada media sosial atau sebuah forum. Maka ketika kejadian inilah fitur pengalihan khusus tersebut menjadi berguna. Kita bisa mengalihkan link yang salah tulis tadi ke URL yang benar. Jadi backlink yang sudah terlanjur kita taruh di social media atau forum tersebut menjadi tidak sia-sia. Untuk cara menggunkan fitur ini silakan ikuti langkah berikut ini.
  • Anda masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. 
  • Setelah itu fokus pada bagian Kesalahan dan pengalihan 
  • Klik “Edit” pada Pengalihan khusus. 
  • Setelah itu tinggal sobat isi URL yg salah (Dari) dan URL yg benar(Kepada):

Jangan lupa centang “Permanen” agar link yang salah tersebut dialihkan secara permanen. Jika sudah klik Simpan terlebih dahulu dan klik Simpan perubahan. Sebenarnya kejadian ini sangat jarang terjadi, tapi menurut saya jika anda mengalaminya silahkan ikuti saran saya yang di atas.

Demikianlah artikel tentang Mengoptimalkan Strategy SEO Pada Blog Bagi Pemula. Sebenarnya postingan seperti ini saya tujukan pada mereka yang masih baru dalam hal Blogging dan berharap cara ini dapayt mengoptimalkan blog mereka di Google. Namu n buat anda yang sudah paham dan master silahkan berbagi pengetahuan dengan mengirim komentar berupa kritik atau saran.

COMMENTS

Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,36,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Blog iTapuih.com: Mengoptimalkan Strategy SEO Pada Blog Bagi Pemula
Mengoptimalkan Strategy SEO Pada Blog Bagi Pemula
https://4.bp.blogspot.com/-9lHgUcIYqJA/WkpgNUzMy0I/AAAAAAAANgA/iY-GsTGAmtYeTQNiEnEXqvQBcDY7qI9rQCLcBGAs/s1600/SEO-Tips.png
https://4.bp.blogspot.com/-9lHgUcIYqJA/WkpgNUzMy0I/AAAAAAAANgA/iY-GsTGAmtYeTQNiEnEXqvQBcDY7qI9rQCLcBGAs/s72-c/SEO-Tips.png
Blog iTapuih.com
https://blog.itapuih.com/2016/10/mengoptimalkan-strategy-seo-pada-blog.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2016/10/mengoptimalkan-strategy-seo-pada-blog.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy