34 Obyek Wisata di Setiap Provinsi di Negeriku Indonesia

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, fakta itu tidak perlu di ragukan lagi karena memang sudah di akui dunia. Keindahan alam yang m...

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, fakta itu tidak perlu di ragukan lagi karena memang sudah di akui dunia. Keindahan alam yang memukau serta keramah tamahan warganya merupakan hal yang tidak bisa lepas dari ciri khas Bangsa Indonesia. Tapi, kenapa masih banyak warga Indonesia yang malah asik berlibur ke luar negeri? sebenarnya hal itu sah-sah saja, namun alangkah baiknya jika kita lebih mengutamakan berlibur di Negeri sendiri sebagai ajang promosi wisata dalam negeri. Di blog ini saya sajikan tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Sebagai ringkasannya saya telah membuat beberapa lokasi wisata yang menarik untuk di kunjungi, Namun jika anda ingin informasi wisata yang lebih detail. Silahkan baca postingan tentang obyek wisata lainnya yang telah saya rangkum berdasarkan ke dalam masing-masing provinsi.
Obyek Wisata Indonesia


1. Danau Laut Tawar, Daerah Istimewa Aceh  

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota TAKENGON, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Masjid Raya BaiturrahmanMasjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini telah menjadi ikon Aceh. Bangunan utama masjid berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara.

2. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau vulkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Istana Maimun sangat terkenal karena merupakan peninggalan Kerajaan Deli, sebuah istana yang berwarna kuning berdiri megah di tengah Kota Medan. Lokasi Istana Maimun di Jl. Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun, Medan sangat mudah untuk dijangkau karena terdapat banyak transportasi umum dan letaknya di tepi jalan Katamso dan kelihatan dari depan jalan sehingga mudah untuk di akses.

3. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Merupakan danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 km yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Di sekitar danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai serta tersedia juga berbagai fasilitas sampan, boat dan hotel. Tersedia juga fasilitas untuk mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah. Masih ada danau danau yang sungguh mempesona di Sumbar seperti, Danau Maninjau, Danau Ateh dan Danau Bawah serta Lubang Jepang yang merupakan peninggalan bangunan berupa gua bawah tanah yang digunakan bangsa Jepang untuk tempat pertahanan serdadu Jepang.

4. Objek Wisata Bono, Riau

Tempat wisata di Riau yang sangat langka dijumpai di indonesia yaitu Bono. Bono adalah fenomena alam yang datang sebelum pasang Air laut mengalir masuk dan bertemu dengan air sungai Kampar sehingga terjadi gelombang dengan kecepatan yang cukup tinggi, dan menghasilkan ombak, Ibarat ombak di peraian sungai. Saat musim pasang tinggi, gelombang mencapai 4-6 meter, tentu ini dapat memberi sensai surfing yang berbeda.

5. Pulau Penyengat, Kepulauan Riau

Objek wisata yang pertama yang cukup populer di indonesia adalah pulau penyengat, pulau penyengat adalah salah satu objek wisata yang ada di kepri yang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Seperti masjid sultan riau yang dibuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan dan lain lain.

6. Candi Muaro Jambi, Jambi

Kompleks candi ini disebut sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata di Jambi ini juga disebut sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi.

7. Bukit Salero, Sumatera Selatan


Dikenal juga dengan nama Gunung Jempol karena bentuk puncaknya berbentuk tegak seperti jempol, Bukit Selero berjarak sekitar 26 Km dari Muara Enim dan 5 km dari kota Lahat. Terdapat juga kompleks atau pusat pendidikan dan pelatihan gajah di sekitar bukit ini. Dengan membayar biaya sekitar Rp. 5.000, pengunjung bebas berfoto dengan gajah.

8. Pantai Parai Penggiri, Bangka Belitung 


Pantai ini berada di Kec. Sungailiat, berjarak sekitar 40 km dari kota Pangkalpinang. Pantai Parai Tenggiri adalah pantai yang populer di Pulau Bangka. Dengan kontur yang landai dan ombak yang tenang, Anda dapat melakukan banyak kegiatan wisata di Pantai Parai Tenggiri. Berenang, bermain di bibir pantai, hingga olahraga air dapat Anda lakukan di pantai ini.

9. Benteng Marlborough, Bengkulu

Benteng Marlborough adalah sebuah bangunan benteng pertahanan yang terletak di pesisir pantai Tapak Paderi - Kota Bengkulu. Benteng Marlborough ini dibangun oleh kolonial Inggris pada tahun 1914 – 1719 dibawah pimpinan Gubernur Jendral Josef Colin semasa pendudukan mereka di Wilayah Bengkulu. Benteng Marlborough adalah benteng terbesar yang pernah dibangun oleh Bangsa Inggris semasa kolonialismenya di Asia Tenggara.

10. Pantai Pasir Putih Lampung


Terletak sekitar 20 KM dari kota Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling favorit karena dekat dengan ibukota, hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit saja untuk dapat menikmati pantai yang menyegarkan mata ini. Taman Nasional Way Kambas juga merupakan salah satu taman nasional yang berumur paling tua di Indonesia.

11. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Taman nasional ujung kulon merupakan salah satu taman nasional dan konservasi alam di indonesia. Taman nasional ujung kulon ini terdiri dari bebarapa pulau kecil yang menjadi habitat para satwa. Dan yang menjadi primadona di taman ini adalah badak bercula satu. Hewan langka yang sekarang habitatnya sangat dilindungi oleh negara. Karena taman nasional ujung kulon ini terdiri dari pulau-pulau kecil. Maka lokasinya juga berdekatan dengan pulau-pulau lain seperti pulau peucang, pulau handeuleum, dan dan pulau panaitan. Untuk mencapai lokasi taman nasional ini, kita bisa mengunakan perahu dari daerah labuan. Dan di pulau ini juga sudah terdapat penginapan, saran komunikasi, dan berbagai macam fasilitas yang memang disediakan untuk para wisatawan yang mengunjungi pulau ini.

12. Kepulauan Seribu, Jakarta 

Kepulauan Seribu  adalah bagian dari Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari banyak pulau dengan panorama pantai yang indah dan alam bawah lautnya yang menarik untuk dinikmati. Pulau Tidung adalah salah satu pulau dari Kepulauan Seribu, telah menjelma menjadi destinasi wisata Jakarta yang diminati banyak warga ibukota untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka bersama keluarga.

13. Gunung Anak Krakatau, Jawa Barat 

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana yang, karena letusan pada tanggal 26-27 Agustus 1883, kemudian sirna. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

14. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Berlokasi sekitar 30 KM dari Wonosobo, Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan gunung api raksasa yang mempunyai beberapa kawah dan candi-candi Hindu kuno. Karena berada pada ketinggian 2,000 meter, Dataran Tinggi Dieng mempunyai suhu yang sangat dingin. Pada siang hari, suhu udara dapat mencapai 15 derajat Celsius dan 10 derajat Celsius pada malam hari.

15. Candi Prambanan, Jogjakarta 

Candi Prambanan adalah sebuah tempat wisata di Jogja dengan riwayat yang tua. Letak posisi candi Jogja yang satu ini dengan Candi Borobudur tidaklah berjauhan, hal ini memberikan pesan kuat bahwa sejak dahulu kala telah terjadi keharmonisan antar pemeluk agama Buddha dan Hindu di tanah Jawa.

16. Kawah Ijen , Jawa Timur

Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi atraksi wisata di Indonesia. Kawah ini memiliki keindahan alam dan bahari. Sedangkan wisata pantai erada di Pantai Pasir Putih Situbondo adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang paling populer. Berlokasi di Kabupaten Situbondo, perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Situbondo akan memakan waktu sekitar 4 jam dari kota Surabaya. Begitu juga dengan Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

17. Pantai Kuta, Bali


Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Pantai tanah lot dan pantai padang padang juga sangat di sarankan untuk dikunjungi bagi wisatan yang mengunjungi Bali.

18. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Tempat ini cocok bagi kamu yang menyukai panorama penggunungan dan suka mendaki. Angin kencang biasanya terjadi dibulan Agustus dan pada bulan Juli angin cukup lemah dan cuaca cukup cerah. Suhu rata-rata sekitar 20 derajat celcius.Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata bahari yang sangat populer di Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

19. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dan dan juga merupakan habitat dari reptil purba yang tersisa yaitu Komodo. Selain pemandangan yang indah, Pulau Komodo juga memiliki alam yang unik dna terdapat padang savana. Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

20. Pantai Pasir Panjang, Kalimantan Barat

Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, menghadap ke laut Natuna serta beberapa pulau kecil di sekitarnya, antara lain pulau Lemukutan, pulau Kabung dan Pulau Randayan. Perahu-perahu kecil dan speed boat dapat disewa di sini untuk menuju ke pulau-pulau tersebut.Sebagai sebuah tempat rekreasi, obyek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang serta di sekitar pantai telah banyak hotel, cottage, toko-toko, diskotik dan fasilitas-fasilitas lainnya tersedia bagi wisatawan. Tempat ini sangat cocok bagi orang-orang yang menyukai olahraga renang, memancing, menyelam dan ski air atau berselancar. Taman bukit Bougenville merupakan taman bunga yang terletak di sebelah selatan yang patut untuk di kunjungi, tepatnya di Desa Sijangkung dan berjarak ± 6 km dari kota Singkawang.

21. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah 

Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu wisata alam yang ada di Kalimantan Tengah. Taman Nasional Tanjung Puting sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar alam Biosfer. Perlu anda ketahui bahwa Taman Nasional Tanjung Puting adalah taman pertama di Indonesia yang merehabilitasi orang utan. Taman ini adalah taman yang benar-benar menjaga populasi orang utan agar tidak punah, bagaimana pun orang utan adalah warisan asli Indonesia. Masih ada objek wisata yang tak kalah menarik di provinsi ini yaitu Danau Tahai. Danau Tahai ini terletak di ibukota provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Banyak keistimewaan yang terdapat di sekitar Danau Tahai, salah satunya adalah jembatan-jembatan kayu yang mengelilingi sekitaran hutan yang terdapat di daerah Danau Tahai.

22. Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau yang berada di tengah Sungai Barito. Tempat wisata ini menjadi habitat monyet dan beberapa jenis burung. Menurut warga, di pulau ini terdapat seekor monyet besar yang merupakan raja monyet.Bagaiman dengan kota Banjarmasin ya, tak lengkap rasanya jika membahas Banjarmasin tanpa pasar terapung. Pasar ini sudah menjadi ciri khas kota Banjarmasin. Pasar terapung ini merupakan proses jual-beli yang dilakukan di atas perahu yang mengapung. Saat ini, pasar terapung telah menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

23. Pantai Amal, Kalimantan Utara

Untuk wisata alam di kota Tarakan, anda dapat mengunjungi Pantai Amal yang berada di Desa Pantai Amal, kecamatan Tarakan Timur. Di Pantai ini ada dua anakan pantai yaitu pantai Amal Lama dan juga pantai Amal Baru. Bagi anda yang suka mengisi liburan dengan pergi ke pantai, pantai Amal ini dapat menjadi alternatif pilihan anda dan keluarga. Suasana khas pantai, pemandangan alam yang indah, ditemani dengan pohon kelapa serta air laut yang biru akan menjadi teman anda selama anda di pantai Amal.

24. Batu Dinding, Kalimantan Timur

Batu Dinding atau Batu Tenvang merupakan batu kapur yang mendingdingi dengan kokoh di sisi kiri dan kanan Sungai Mahakam. Batuan ini dapat kita lihat di perjalanan menuju Long Pahai dan Long Apari. Pada jaman dahulu bebatuan ini digunakan sebagai tempat meletakkan peti mati (lungun) suku Bahau. Lungun ini menambah indahnya panorama alam yang ada di Ulu Mahakam. Salah satu wisata alam yang menarik dan menantang adalah menelusuri hulu sungai Mahakam. Di sepanjang hulu Sungai Mahakam kita dapat menyaksikan keindahan alam, pepohonan serta beberapa jenis anggrek alam.

25. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara 

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Danau Linow Masih di Tomohon, di Kota yang dikenal dengan julukan kota bunga ini, anda bisa juga menikmati keindahan alam danau linow. Yang membuat danau ini menarik karena air di danau ini bisa berubah-ubah warnanya karena sebagian danau ini mengandung belerang.

26. Pantai Bolihutuo, Gorontalo

Pantai Bolihutuo yang berpasir putih lembut dan di pagar pohon pohon pinus rindang yang menjulang tinggi adalah tempat wisata pantai paling terkenal di provinsi Gorontalo. Setiap akhir pekan, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal terkadang terlihat juga wisatawan mancanegara yang menikmati indahnya pemandangan pantai landai disepanjng Pesisir Teluk Tomin. Taman wisata Wera terletak di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah, tempat wisata alam ini sudah terkenal khususnya di Sulawesi Tengah. Taman wisata wera pada awalnya hanya sebuah air terjun.

27. Pulau Togean, Sulawesi Tengah

Pulau Togean merupakan pulau yang terletak di kabupaten Tojo Unauna Sulawesi Tengah. Menikmati keindahan Pulau Togean ini bisa ditempuh 2 jam dari darat ke Kabupaten Poso, tepatnya di Ampana. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan perahu motor ke Pulau Togean. Anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa di sana, seperti pada keindahan bawah laut.

28. Pantai Manakara, Sulawesi Barat

Pantai ini adalah bagian dari Teluk Mamuju, tempat Pelabuhan Batu berada yang menjadi sentra perhubungan di Kota Mamuju. Di Kota Mamuju, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat, terdapat sebuah tempat untuk berwisata yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan, yaitu kawasan Pantai Manakarra. Bagi masyarakat setempat, Pantai Manakarra identik dengan tempat mangkal anak-anak muda. Namun, pada kenyataannya banyak juga orang dewasa yang datang berkunjung ke pantai untuk berekreasi. Satu lagi Pantai Palippis dikenal dengan keindahan panorama alam laut yang sangat eksotis. Pantai Palippis yang terletak di jalan poros Provinsi Sulawesi Barat , tepatnya di Desa Bala Kecamatan Balanipa ini sekitar 20 Km dari ibu kota Kabupaten Polewali Mandar.

29. Pantai Losari, Sulawesi Selatan

Pulau Togean merupakan pulau yang terletak di kabupaten Tojo Unauna Sulawesi Tengah. Menikmati keindahan Pulau Togean ini bisa ditempuh 2 jam dari darat ke Kabupaten Poso, tepatnya di Ampana. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan perahu motor ke Pulau Togean. Anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa di sana, seperti pada keindahan bawah laut.  Pantai Bolihutuo yang berpasir putih lembut dan di pagar pohon pohon pinus rindang yang menjulang tinggi adalah tempat wisata pantai paling terkenal di provinsi Gorontalo. Setiap akhir pekan, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal terkadang terlihat juga wisatawan mancanegara yang menikmati indahnya pemandangan pantai landai disepanjng pesisir teluk Tomin. Pantai Losari merupakan objek wisata sulawesi selatan yang terletak di Kota Makassar,disini kita bisa menikmati makanan khas seperti pisang epe dan menikmati pemandangan pantai pagi,siang,sore dan malam hari,pantasi losari juga memiliki mesjid terapung dan patung patung raja raja terkenal di sulawesi selatan seperti patung sultan hasanuddin,patung aru palakka dan lain sebagainya,pantasi losari juga tersambung dengan objek wisata lain seperti, Pulau Samalona,Pulau Kayangan,Pulau Lae-Lae,Tanjung Merdeka,Tanjung Bayang. Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin adalah makam yang menjadi situs wisata di sulawesi selatan karena disini para raja yang pernah memerintah kerajaan gowa-tallo seperti Immallombassi Dg.Matawang atau yang dikenal dunia sebagai Sultan Hasanuddin ,dan masih banyak lagi yang raja-raja yang dimakamkan disini. Makam ini terletak di Kabupaten Gowa.

30. Benteng Keraton Buton, Sulawesi Tenggara

Benteng ini boleh dikatakan adalah benteng yang terbesar di Dunia (yang mengelilingi satu perbukitan pulau Buton) setelah Gread Wall/ Tembok Cina), Mengelilingi benteng ini tidak cukup waktu seharian bila berjalan kaki. Memasuki pintu utama kawasan ini di sebelah kiri dijumpai prasasti yang bertuliskan silsila raja-raja Kerajaan Butun, disebelah kanan berdiri Mesjid Tua Buton yang sangat khas dan unik, dan terlihat pula Batu bertuah dan  Batu Kramat yang mempunyai kolam kecil yang tidak pernah kering, Makam para raja-raja, Balai Pertemuan para raja-raja, Ruang pelantikan Raja, dan lain peninggalan sejarah kerajaan Buton seperti Meriam/ Basoka Tua.

31. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora Pantai yang terletak di wilayah Pulau Seram, Maluku Tengah, merupakan pantai yang sangat indah, bahkan dikatakan bahwa kawasan wisata ini merupakan surga dunia. Keindahan laut dan pantai yang luar biasa memanjakan mata.Selain itu terdapat tempat-tempat wisata lainnya. Berikut daftar tempat wisata yang berada di Provinsi Maluku Air Terjun Waihetu dan Benteng Amsterdam.

32. Pulau Maitara, Maluku Utara

Pulau Maitara menjadi salah satu Tempat Wisata di Maluku Utara yang sangat terkenal karena terpampang pada salah satu sisi uang seribuan yang dikeluarkan oleh BI. Pulau ini sangat eksotis dan terletak diantara pulau Ternate serta Tidore. Selain keelokan alam di Maluku Utara, keunikan dan lestarinya budaya dan sejarah disana sangat menarik untuk ditelusuri. Terdapat beberapa Tempat Wisata di Maluku Utara yang dapat dikunjungi untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap budaya dan sejarah di sana. Benteng Toluko dan Kesultanan Ternate.

33. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Pulau ini terletak di provinsi Papua Barat dan memiliki keindahan yang istimewa pada pemandangan bawah lautnya. Tempat ini cocok bagi kamu yang suka menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut. Tempat menarik lainnya seperti Pantai Tanjung Kasuari di Kota Sorong dan Taman Nasional Teluk Cendrawasih di Teluk Wondama.

34. Carstensz Pyramid, Papua 

Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Aceh,23,Adsense,8,BBM,3,Biography,1,Bitcoin,4,Blog,21,Blogger,12,Blogging,55,Business,14,Cerita,3,CPNS,1,Delicious,1,Design,1,DeviantART,1,Digg,1,Dollar,3,Dunia,13,Facebook,5,Flickr,1,Friendster,1,Gambar,2,Game,36,Gmail,1,Google+,4,Hosting,1,Inspirasi,2,Instagram,1,Internet,13,Interview,11,Kesehatan,2,LinkedIn,1,Makalah,7,Marketing,12,Meme,8,Money,3,Motivasi,2,MySpace,1,Outlook,1,Path,1,Pendidikan,10,Pengetahuan,4,Pinterest,1,Plugin,5,PNS,1,Reddit,1,Review,4,Seo,53,Smartphone,5,Social Media,38,Sukses,3,Sumatera Barat,16,Sumatera Utara,3,Templates,1,Tips,6,Toko Online,3,Top10,18,Tumblr,1,Tutorial,29,Tutorial Blog,146,Twitter,3,Umum,9,Vimeo,1,VK,1,Weebly,1,WhatsApp,1,Widget,55,Wisata,4,WordPress,14,Yahoo,1,Youtube,3,
ltr
item
Blog iTapuih.com: 34 Obyek Wisata di Setiap Provinsi di Negeriku Indonesia
34 Obyek Wisata di Setiap Provinsi di Negeriku Indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-l0mDjYe9wXA/WmdldibGOPI/AAAAAAAANw8/ZynBYeypLJcW0u78_8GxzBnFqF-NXQVsQCLcBGAs/s1600/Obyek-Wisata.png
https://4.bp.blogspot.com/-l0mDjYe9wXA/WmdldibGOPI/AAAAAAAANw8/ZynBYeypLJcW0u78_8GxzBnFqF-NXQVsQCLcBGAs/s72-c/Obyek-Wisata.png
Blog iTapuih.com
https://blog.itapuih.com/2016/02/34-obyek-wisata-di-setiap-provinsi-di.html
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/
https://blog.itapuih.com/2016/02/34-obyek-wisata-di-setiap-provinsi-di.html
true
2732475762120586724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy